• Novi Amaliyah

Jerman Rayakan 70 Tahun Currywurst


Siapa tak kenal dengan sosis Jerman yang terkenal dengan kelezatannya? Jerman menjadi negara yang identik dengan sosis sebagai salah satu identitas kuliner khasnya. Ada sekitar 1.500 macam sosis di Jerman. Currywurst yang berupa sosis iris disajikan dengan kentang goreng, saus tomat, dan taburan bubuk kari menjadi salah satu yang paling khas. Pada hari Rabu, 4 September 2019 lalu, Jerman merayakan 70 tahun currywurst.


Terciptanya sajian currywurst bermula pada 4, September 1949 setelah seorang tentara Inggris memberi bubuk kari pada pemilik kedai makanan bernama Herta Heuwer. Ia pun menambahkan bubuk kari pada makanan ringan jualannya. Kemudian makanan ringan itu pun disukai dan menjadi makanan tradisional warga Berlin pasca perang.


Di Jerman, terdapat banyak stand yang menjual currywurst. Bahkan, sajian ini menjadi favorit mantan Kanselir Jerman, Gerhard Schroerder. Sosis memang menjadi bagian budaya kuliner di Jerman, dengan konsumsi tahunan diperkirakan mencapai lebih dari 800 juta sosis.

"Saya pikir currywurst telah menjadi bagian dari warisan budaya Jerman. Ini adalah kisah sukses yang hebat. Kunci sukses adalah sosis berkualitas," kata pemilik kios makanan ringan Georg Bier seperti dilansir Reuters.


Currywurst mulai dikenal setelah akhir Perang Dunia II, saat makanan sedang langka dan warga Berlin bekerja keras untuk membangun kembali ibu kota yang hancur. Sebuah plakat untuk memperingati tempat di mana kelezatan ini berasal yang diciptakan oleh Herta Heuwer di Berlin Barat pada tahun 1949.



© 2019 yukmakan channel