top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kampung Kuliner Nusantara Hadirkan 35 Sambal Nusantara Dari 25 Provinsi di Indonesia

Penggemar sajian khas Nusantara, khususnya menu sambal, wajib untuk mendatangi festival kuyliner yang bernama Kampung Kuliner Nusantara (KKN). Berlangsung antara 26 Juli hingga 6 Agustus 2023, festival ini berlokasi di Atrium Cibubur Junction Lantai Ground. Festival KKN tahun ini merupakan festival kuliner yang telah diselenggarakan Cibubur Junction untuk yang kedua kalinya.



KKN menghadirkan beragam kuliner khas Tanah Air yang diramaikan lebih dari 30 tenant UMKM. Setidaknya ada lebih dari 40 jenis makanan dan minuman yang telah disiapkan untuk memanjakan lidah setiap pengunjung yang datang. KKN tahun ini pun terasa lebih istimewa jika dibandingkan tahun sebelumnya. Itu karena KKN kali ini dihadirkan booth “Aneka Sambal Nusantara”. Di booth spesial itu, terdapat 35 jenis sambal Nusantara yang berasal dari 25 Provinsi di Indonesia yang memiliki ciri khas pada setiap citarasa pada setiap sambal yang disajikan.


Penggemar beragam sambal khas Nusantara tentu tak mau melewatkan kesempatan baik ini. Datang ke area KKN, pengunjung bisa menemukan Sambal Andaliman dari Medan, Sambal Ikan Kayu dari Aceh, Sambal Salai Selais Lengkong dari Riau, Sambal Roa & Sambal Kaluku dari Sulawesi Selatan, Sambal Matah dari Bali, Sambalado & Sambal Ijo dari Padang, Sambal Lu’at dari NTT, Sambal Taylala dari NTB, Sambal Gami dari Kalimantan Timur, Sambal Penja dari Sulawesi Barat, Sambal Tempoyak dari Palembang, dan masih banyak pilihan sambal lainnya.  


Selain menghadirkan berbagai “Aneka Sambal Nusantara”, pengunjung tentunya akan menemukan booth yang menghadirkan sajian khas Nusantara lainnya. Sebut saja Pecel Madiun Bale Rodjo, Nasi Kuning Arema, Lontong Kikil & Nasi Krawu Mayestik, Soraya Bandeng dan Mangut Lele, Nasi Tutug Oncom Djakarta, Sate Jando & Maranggi, Bingke Delima, Mie Bandung Kejaksaan & Batagor Cuplis, Bakso Gepeng Oy Eat, Tahu Gimbal Semarang, Sate Padang Petak IX, Siomay Lim 88, Lumpia Rebung 99 Semarang, Cuanki Bandung, Mie Kocok Bandung, Tahu Petis Yudhistira, Pempek Sriwijaya, Cempedak Citata, Cakwe Master, hingga Soto Mie Bogor Mang Acid. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi aneka cemilan gurih hingga manis seperti Kue Ape, Kue Cubit, Kue Pancong, Kue Rangi, Alpukat Kocok, Es Doger Unang, Es Cendol Tempo Doeloe, dan masih banyak lainnya.



Untuk menemani pengunjung menikmati berbagai kuliner khas Nusantara, pengunjung juga akan ditemani dengan berbagai hiburan dan kegiatan promosi yang makin memeriahkan KKN. Untuk hiburannya ada penampilan operet anak dan tari Jaipong persembahan dari Sanggar Ananda yang dipimpin oleh Aditya Gumay. Ia merupakan salah satu sutradara film terbaik Indonesia dan pengasuh Sanggar Kawula Muda dan Sanggar Ananda yang telah banyak membantu mengorbitkan artis ternama ibukota seperti Okky Lukman, Indra Bekti, Ruben Onsu, hingga (alm) Olga Syahputra.


“Sambal merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu menu tambahan wajib untuk menyantap makanan utama. Dengan kegiatan ini masyarakat bisa mengetahui dan menikmati ragam sambal yang berasal dari 25 provinsi di Indonesia yang pada setiap sambal nya menggunakan bahan dan rempah dari daerah masing – masing. Pengunjung akan dimanjakan dengan sajian aneka sambal yang dapat disesuaikan dengan citarasa masing – masing pengunjung dengan ragam sambal yang kita sajikan dalam satu booth melengkapi ragam makanan yang kita siapkan pada kegiatan KKN kali ini. Dengan kegiatan ini kami juga ingin mengangkat dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia untuk kita lestarikan sebagai warisan budaya  untuk diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia,” jelas Aji Widiarto selaku Mall Director Cibubur Junction.

Comments


bottom of page