© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Kandungan Baik Dalam Buah Strawberry

Berwarna merah dan memiliki citarasa manis agak asam menyegarkan, buah strawberry paling banyak diminati oleh kaum hawa. Selain memang citarasanya yang unik, buah ini juga diyakini bagus untuk kulit. Jadi tak heran, jika buah ini pun banyak dijadikan varian rasa dari es krim, cokelat, minuman, topping dari cake atau kue, dan lainnya.

Tidak hanya mampu menghaluskan kulit, strawberry juga punya manfaat baik lainnya. Hal itu karena, buah yang berasal dari wilayah Chili, Amerika Serikat ini memiliki banyak kandungan baik di dalamnya. Berikut ini aneka kandungan dalam buah strawberry.


Vitamin

Strawberry memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari sebuah jeruk. Itu karena strawberry mampu memberikan 94 mg vitamin C atau serata dengan 1,5 kebutuhan vitamin C tubuh dalam sehari. Selain vitamin C, juga ada vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin E, dan Vitamin K. aneka vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan gigi dan gusi anak-anak agar tetap sehat, hingga membantu menyembuhkan luka.


Kalori

8 buah strawberry segar ataupun dibuat jus (tanpa tambahan apapun) mengandung 50 kalori. Namun, kalorinya tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Jumlah yang sama juga diberikan asam folat sebanyak 30 mikrogram (ug), dalam jumlah buah yang sama. Jumlah ini setara dengan 7,5 % kebutuhan asam folat harian untuk Ibu hamil. Asam folat dapat membantu untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.


Potassium

Segelas strawberry juga dapat mengandung 270 mg potassium. Potassium merupakan salah satu mineral yang disarankan ada dalam menu makanan bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah dan juga membantu menurunkan kolesterol dalam darah.


Antioksidan

Buah strawberry menduduki peringkat tertinggi karena kandungan antioksidannya. Ini merupakan senyawa yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menimbulkan penyakit kanker. Ekstrak strawberry juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serviks ataupun sel kanker payudara. Kandungan asam ellagik yang terdapat di dalam buah strawberry dapat menghambat kanker paru-paru dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara hingga 45%.


Mangan

Mangan atau manganese merupakan salah satu nutrisi penting yang bertindak sebagai antioksidan dan agen anti-inflamasi. Hal ini mengakibatkan meningkatnya kadar superoxide dismutase (SOD), karenanya tidak hanya membantu melawan radikal bebas, tetapi juga mampu mengurangi inflamasi sel dari penyebab lain yang ditimbulkan berbagai penyakit.