• Maria Yuliana Kusrini

Kandungan Positif Rujak Untuk Tubuh

Rujak buah yang berpadu dengan sambalnya yang pedas manis tentu sangat disukai banyak orang. Tidak hanya enak, pastinya rujak juga memiliki kandungan yang sangat banyak dan bermanfaat positif bagi tubuh. Berbagai manfaat itu terkandung dalam masing-masing bahan yang digunakan untuk meracik rujak itu sendiri.


Pertama, cabai rawit yang digunakan sebagai bahan pembuatan sausnya mengandung Vitamin C dan betakaroten. Cabai juga mengandung zat kapsaisin yang membuat rasa cabai menjadi pedas, zat bermanfaat meningkatkan nafsu makan dan mampu mencegah munculnya serangan stroke, jantung koroner, dan impotensi.

Tentunya juga masih ada banyak kandungan baik lainnya yang ada di tiap-tiap buah yang digunakan. Buah pada umumnya mengandung air dan elektrolit, berbagai vitamin (kebanyakan mengandung Vitamin C) dan mineral, antioksidan dan phytochemical, serat, dan prebiotik.


Mangga memiliki kandungan Vitamin C, kalium, dan betakaroten yang dapat mencegah kanker dan radikal bebas pada tubuh.


Nanas mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta enzim bromelain yang dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit serius seperti tumor, beri-beri, dan penyempitan pembuluh darah.


Bengkoang kaya serat, Vitamin A, Vitamin, B, Vitamin C, kalsium, fosfor, dan besi. Kandungan pada bengkoan tersebut mampu mengatasi wasir, menurunkan deman, menurunkan kolesterol pada darah, dan menghindari berbagai bakteri atau virus.


Mentimun atau Ketimun sangat bermanfaat bagi yang mengidap hipertensi berkat kandungan mineralnya yakni potassium, magnesium, dan fosfor. Tak hanya itu, ketimun juga mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, asam malonat, dan saponin.


Jambu air mengandung Vitamin C yang juga berguna untuk sistem imunitas tubuh.


Kedondong sangat berguna untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. Itu berkat air, protein, lemak, sukrosa, serat pangan, serta vitamin C yang menjadi kandungan buah kedondong.


Pepaya mengandung enzim papain, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E, dan mineral. Buah yang masih mengkal atau setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari buah matang, namun tidak disarankan untuk wanita yang sedang hamil.


Belimbing dapat menurunkan kadar, mampu mencegah timbulnya hepatitis, mendegah sel kanker. Belimbing mengandung vitamin A, B1, dan C, pectin, juga memiliki kandungan energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, serat, dan air.


Itu dia beberapa kandungan baik yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi rujak. Semakin banyak varian buah yang dikonsumsi maka akan semakin banyak pula manfaat positif yang didapatkan.

© 2019 yukmakan channel