• Maria Yuliana Kusrini

Kenali 13 Jenis Tomat , Si Apel Cinta

Tomat dikenalkan pertama kali di Eropa sekitar tahun 1556. Buah ini kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin C, serat, dan juga mampu menangkal kolesterol. Selain bisa dikonsumsi langsung begitu saja, tomat juga bisa dicampurkan pada berbagai masakan hingga menambah citarasa lezat dan segar. Buah yang identik dengan warna merah menyala ini ternyata punya berbagai jenis berbeda dengan penyebutan yang juga berlainan. Berikut ini 13 jenis buah tomat yang juga sering disebut "Apel Cinta" oleh orang Prancis atau "Apel Surga" oleh orang Jerman dari berbagai wilayah berbeda.


Big Beef Tomato (Foto: Dok. Istimewa)

Big Beef Tomato

Untuk tomat jenis ini paling banyak ditemui di hampir semua tempat. Jika matang, buahnya akan berwarna merah dan sering sekali dijadikan jus untuk diminum. Salah satu keunggulan dari buah jenis ini adalah mampu bertahan terhadap segala jenis hama atau penyakit tanaman.


Bananas Legs Tomato

Bananas Legs Tomato

Nah kalau buah tomat yang satu ini punya tampilan atau bentuk yang unik, beda dari tomat pada umumnya. Bentuknya lonjong memanjang dengan sedikit titik-titik di bagian ujungnya. Jika matang, buahnya akan berwarna kuning keemasan. Buah ini sangat populer dan biasanya dijadikan salad.



Amazon Chocolate Tomato

Amazon Chocolate Tomato

Buah ini memiliki kulit dan daging yang berwarna sangat gelap. Tidak mudah untuk menemukan jenis buah tomat ini karena memang sangatlah langka. Rasa dari buah ini manis, sekilas hampir seperti rasa buah anggur. Buah ini memang punya rasa yang lebih enak dibandingkan dengan tomat hitam lainnya.



Negro Azteca Tomato (Foto: Dok. Istimewa)

Negro Azteca Tomato

Tomat ini jarang dibudidayakan, sehingga masuk dalam kategori buah atau tanaman yang langka. Padahal tomat ini punya bentuk yang menarik seperti ceri hitam dengan citarasa yang sangat manis. Biasanya, tanaman ini berukuran sedang sampai besar dengan daun berukuran standar.


Big Sungold Tomato

Buah tomat ini memiliki tampilan seperti buah jeruk. Warnanya terang, cenderung kuning oranye. Rasanya manis dan begitu juicy dengan ukuran yang lebih besar dari tomat pada umumnya. Tanamannya lebih kokoh dari buah tomat pada umumnya.



Ananas noir

Ananas noir

Jika matang, buah tomat ini akan berwarna hitam-kuning-merah yang berpadu. Rasanya lezat seperti buah jeruk. Orang yang pernah mencicipinya, kebanyakan sangat menyukai tomat ini. Hebatnya lagi, buah ini bisa mencapai ukuran yang besar, yakni sekitar 1-1,5 kg.


Momotaro Tomato

Tomat jenis ini begitu populer di Jepang. Warna dari Momotaro Tomato adalah merah muda. Rasanya perpaduan dari rasa manis dengan sedikit sensasi rasa asam. Selain rasa buahnya yang lezat, tanaman buah ini juga bisa digunakan sebagai obat dari penyakit kanker.



Carbon Tomat

Buah yang paling banyak dikembangkan di Amerika Serikat ini memiliki rasa yang manis. Buah ini sangat konsisten dengan rasa manis yang dimiliki. Apabila matang, buahnya berwarna merah tua dan sedikit kehitaman. Sedangkan untuk warna daging di bagian dalamnya berwarna merah gelap.


Jersey Devil Tomato

Jersey Devil Tomato

Tomat yang satu ini punya bentuk yang unik, karena sekilas mirip dengan cabai. Buah ini memiliki jumlah biji yang cenderung sedikit. Tomat jenis ini pun ternyata jadi favorit para pecinta tomat.


Opalka Tomato

Tomat jenis Opalka ini punya ukuran yang cukup besar. Dagingnya tebal dengan beberapa biji di dalamnya. Buahnya berwarna merah dengan citarasa yang manis. Tanaman tomat ini cukup kuat dibandingkan tanaman tomat pada umumnya.


Zapotec Pink Ribbed Tomato

Asal muasal tomat jenis ini dari Negara Meksiko. Buah tomatnya memiliki bentuk yang besar dengan garis-garis. Warna dari tomat ini, baik kulit dan dagingnya adalah merah muda atau merah cerah. Karena warna dan bentuknya yang indah, tomat ini biasanya ditanam di kebun yang sekaligus dijadikan sebagai tanaman hias.


Taxi Tomato

Taxi Tomato

Berbeda dengan kebanyakan tomat yang jika matang akan berwarna merah menyala, Taxi Tomato punya warna kuning terang jika sudah dalam keadaan matang. Tak hanya kulitnya yang berwarna kuning, bagian dagingnya pun juga berwarna kuning. Warnanya memang begitu indah dan sangat menarik. Meski tampilannya berbeda, namun rasa dari tomat ini sama layaknya tomat kebanyakan.


Black Plum Tomato

Tomat jenis Black Plum Tomato ini cukup kuat. Bisa dapat tumbuh di daerah yang panas dan memiliki iklim kering. Jenis tomat asal Rusia ini punya warna merah yang gelap saat matang dan citarasa yang cenderung asam.


Sumber: Majalah Yukmakan Edisi 7 Tahun 2010

© 2019 yukmakan channel