• Maria Yuliana Kusrini

Kepopuleran Ayam Geprek

Menu yang menjadikan ayam sebagai bahan bakunya begitu diminati oleh sebagai besar orang. Rasanya yang familiar di lidah, harga yang terjangkau, serta cara pengolahan ayam yang simpel menjadi beberapa alasan yang kerab dikemukakan. Dari sekian banyak olahan ayam, menu ayam geprek sempat begitu booming dan banyak ditemukan di Tanah Air. Dan itu pun masih bertahan sampai saat ini. Citarasa ayam geprek yang gurih, pedas, dan wangi memang terbukti mampu membuat siapa pun ketagihan.

Kepopuleran si ayam geprek ini paling terasa pesat di sekitaran tahun 2017 lalu. Secara tampilan, ayam geprek sekilas menyerupai dengan ayam penyet. Bisa dikatakan jika ayam geprek memang modifikasi dari sajian ayam penyet yang biasa ditemui di tempat makan berkonsep kaki lima ataupun restoran.


Ayam geprek berupa olahan ayam yang telah dibalurin dengan tepung kemudian digoreng hingga garing. Sensasi renyah dari tepungnya itu berpadu sempurna dengan lembut dan gurihnya si daging ayam. Ayam itu pun kemudian digeprek dengan ulekan sambal bawang mentah bercitarasa pedas yang begitu menggoda. Si ayam geprek ini tampilannya nyaris hancur, bukan hanya sekedar dipenyet saja.


Keunikan dari olahan ayam ini pun terletak pada sambalnya. Umumnya, sambal pada ayam geprek ini tingkat kepedasaannya bisa disesuaikan lidah, mulai dari level 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Bahkan bagi pecinta sajian super pedas, bisa menggunakan 100 buah cabai di ayam gepreknya. Selain level kepedasan yang bisa mengikuti selera pemesannya, topping dari ayam gepreknya pun semakin beragam. Misalnya ayam geprek dengan sambal bawang bertopping parutan keju cheddar. Ada juga pilihan ayam geprek, sambal bawang, dan lelehan keju mozzarella di bagian atas ayam.


Jika membahas mengenai asal usul ayam geprek, ternyata warga Yogyakarta yang sudah sejak lama mempopulerkannya. Ayam geprek khas Yogyakarta itu dapat dijumpai di warung makan pinggir jalan. Terutama di daerah Bantul, ayam ini begitu populer dan banyak usaha rumah makan ayam geprek yang akhirnya membuka cabang di daerah lainnya. Tak hanya Yogyakarta, ayam geprek pun semakin dikenal di daerah lain seperti Semarang, Bandung, bahkan Jakarta.


Di Yogyakarta sendiri ada beberapa tempat makan ayam geprek yang ramai pengunjung misalnya saja Ayam Geprek Mbok Moro yang fenomenal dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, juga ada banyak brand ayam geprek yang bisa ditemukan.


© 2019 yukmakan channel