• Maria Yuliana Kusrini

Kerak Telur Jajanan Khas Betawi yang Marak di HUT Jakarta

Bisa dibilang kerak telur dibuat dengan bahan dan cara yang sederhana. Komposisinya terdiri dari beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi, srundeng kelapa, dan bawang goreng. Sesuai namanya, makanan ini memang menjadikan campuran beras ketan dan telur yang dimasak hingga berkerak. Setelah matang dan tampilannya menyerupai omelet atau dadar, maka diberi tambahan ebi, serundeng, dan bawang goreng sebagai toppingnya.


Proses memasaknya pun tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Hanya sekitar 15 menit saja. Meski terbilang sederhana, namun rasa kerak telur enak. Memadukan rasa gurih dan asin dengan sedikit sensasi sedikit pedas. Jika dinikmati dalam keadaan masih panas, akan lebih nikmat.

Di wilayah Jakarta, kerak telur banyak dijumpai di kawasan Kota tua, Jakarta Barat. Begitu juga dengan area tempat wisata di Jakarta, akan dijumpai beberapa penjual kerak telur lengkap dengan gerobak khasnya. Sedangkan mendekati moment HUT Kota Jakarta akan semakin banyak ditemukan penjual kerak telur di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Foto: Dok. Istimewa

© 2019 yukmakan channel