• Novi Amaliyah

Koki Muda Sejati 2020, Dukung Kesetaraan Gender di Dapur



Di tahun 2018, Kecap ABC sukses meluncurkan program Suami Sejati Masak dan juga wadah online untuk para suami, yakni website www.akademisuamisejati.com, dengan berbagai kegiatan yang mendukung para suami untuk menjadi mitra sejajar di dapur. Sukses diluncurkan sejak tahun 2018, Kecap ABC kembali menggelar program tahunan Koki Muda Sejati di tahun 2020.


“Koki Muda Sejati 2020 akan memperkuat komitmen Kecap ABC, yaitu semangat kesetaraan gender yang harus dimulai dalam keluarga di rumah,” ungkap Mira Buanawati, Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG.


Mira juga menyampaikan bahwa untuk melanjutkan komitmennya sebagai pemimpin pasar di industri, selain fokus pada produk, PT Heinz ABC Indonesia juga terus melakukan inisiatif sosial salah satunya Koki Muda Sejati 2020. Koki Muda Sejati 2020 merupakan sebuah lanjutan perjalanan dari Kecap ABC untuk menyebarkan pemahaman tentang kesetaraan gender kepada generasi muda.


Ditengah pandemi ini Koki Muda Sejati 2020 hadir dengan metode daring yang bekerja sama dengan platform daring, Ruang Guru, melalui artikel yang mengajarkan tentang pemahaman kesetaraan gender. Heinz ABC percaya bahwa penting untuk mendidik dan mendorong generasi muda demi memiliki pemahaman tentang kesetaraan gender, yang akan menjadi salah satu modal besar mereka ketika mereka mulai membangun keluarga sendiri di masa depan. Kampanye ini juga untuk menunjukkan kontribusi Heinz ABC bagi Indonesia dalam memberikan tujuan baik bagi generasi muda.


“Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi masyarakat dan membangun perilaku yang lebih baik di kalangan anak muda,” tambah Mira.



Kampanye Koki Muda Sejati hadir karena selama ini ada anggapan dalam budaya masyarakat Indonesia dimana dapur identik dengan urusan perempuan. Dimana perempuan menyiapkan makanan untuk kelurganya, meski dapur bukanlah area terlarang bagi pria, ada anggapan umum kalau pria memasak di dapur menjadi kurang jadi lelaki.


Hasil riset HILL ASEAN STUDIES 2018 menyebutkan kurang dari 3 diantara 10 suami di Indonesia yang bersedia membantu memasak di dapur. Hasil riset juga menyebutkan jika 60% istri di Indonesia bekerja. Ketika para istri ikut bertanggung jawab membantu memenuhi kebutuhan finansial keluarga, namun suami tidak turut serta berbagi pekerjaan rumah tangga, seperti memasak.

Bertepatan dengan Hari Kesetaraan Perempuan yang jatuh setiap 26 Agustus, Kecap ABC meluncurkan Koki Muda Sejati sebagai langkah dalam mendukung kesetaraan gender, terutama di dapur. Koki Muda Sejati merupakan program yang melibatkan anak remaja laki-laki di lebih dari 50 sekolah menengah untuk belajar memasak. ABC berharap dengan kampanye Koki Muda Sejati ini berdampak pada remaja, sehingga mereka memiliki bekal dan pemikiran untuk menjadi pasangan yang setara di dapur.

© 2019 yukmakan channel