top of page
  • Novi Amaliyah

Konsumsi Tomat yang Benar & Sesuai Kebutuhan



Tomat merupakan buah yang juga masuk dalam keluarga sayuran. Tomat terbukti kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, karbohidrat, protein, dan kalsium. Selain itu, tomat juga mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen ini berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari kanker. Satu potong tomat mengandung sebanyak 515 mikrogram likopen.


Beberapa orang lebih memilih mengonsumsi tomat dalam keadaan segar. Tapi ada juga yang lebih memilih mengonsumsi dengan dimasak terlebih dulu. Baik dimasak ataupun dikonsumsi dalam keadaan segar tomat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menurut jurnal Agriculture and Food Chemistry, tomat lebih baik dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu. Karena, tomat yang dimasak dalam waktu 15 menit dapat meningkatkan 171% kadar likopen. Saat dimasak, kadar air dalam tomat akan berkurang, dengan demikian, konsentrasi likopen akan semakin banyak dan semakin mudah diserap oleh tubuh. Sayangnya saat melewati proses masak selama 15 menit, kandungan vitamin C dalam tomat akan berkurang sebanyak 15%.


Jadi sebelum mengonsumsi tomat, sebaiknya pastikan terlebih dahulu manfaat mana yang diinginkan. Jika ingin meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh dengan memanfaatkan likopen, kamu bisa memilih mengonsumsi tomat yang sudah dimasak sebelumnya. Jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh dengan tingginya kadar vitamin C bisa mengonsumsi tomat segar. Pastikan cuci terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi tomat mentah untuk membersihkan residu dari pupuk, atau bisa juga memilih tomat organik jika akan dikonsumsi mentah.

bottom of page