• Maria Yuliana Kusrini

Kopi Kenangan Rayakan Hari Jadi Ke-5 Bertema #HadiahDariMantan

Tahun 2022, tepatnya di tanggal 22 Agustus Kopi Kenangan merayakan hari jadinya yang ke-5 tahun. Kali ini, Kopi Kenangan mengusung tema #HadiahDariMantan yang sekaligus mengumumkan peresmian pusat pelatihan kedua Kenangan Academy Surabaya untuk menjangkau wilayah Jawa Tengah hingga Kalimantan. Hari jadi yang biasa disebut sebagai Hari Mantan Nasional atau HARMANAS ini pun sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan

setia Kopi Kenangan yang biasa disapa 'Para Mantan' dan seluruh pihak yang terus memberikan dukungan pada Kopi Kenangan.



Selama 5 tahun berdiri, salah satu fokus utama Kopi Kenangan adalah untuk memperkenalkan kopi lokal berkualitas kepada konsumen Indonesia hingga mancanegara. Untuk itu, Kopi Kenangan terus berkomitmen dalam memastikan setiap gelas kopi yang diterima konsumen memiliki kualitas yang baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun Kenangan Academy, pusat pelatihan dan pengembangan profesional di bidang makanan & minuman untuk mengembangkan talenta serta memastikan kualitas produk dan pelayanan Kopi Kenangan selalu terjaga.


Kenangan Academy ini untuk pertama kalinya dihadirkan di bulan Maret 2020 yang berlokasi di Pakubuwono, Jakarta Selatan. Sukses dengan lokasi pertama itu, maka kini Kenangan Academy pun melebarkan jangkauannya ke Surabaya dan difokuskan untuk menjadi tempat pelatihan calon barista atau yang biasa disebut 'Baperista' di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Diharapkan akademi ini pun bisa menfasilitasi siapapun yang ingin belajar dan mengenal lebih dalam mengenai kopi.


Kenangan Academy yang ada di Jakarta sendiri telah memberikan sertifikasi kepada lebih dari 2.300 baperista. Untuk Kenangan Academy Jakarta memiliki daya tampung mencapai 30 peserta perhari sedangkan untuk Kenangan Academy Surabaya dapat menampung 20 peserta perharinya. Di Kenangan Academy, baperista dapat mengikuti berbagai macam pelatihan, mulai dari Kompetensi Dasar seperti pengetahuan dasar tentang kopi, espresso, dan teknik pembuatan, hingga beragam pengembangan karir untuk memperoleh Sertifikasi Barista, Sertifikasi Store Trainer, serta Leadership Development Program. Tidak hanya fokus menjaga kualitas minuman Kopi Kenangan, pusat pelatihan ini juga bertujuan memastikan seluruh lulusan barista Kenangan Academy memiliki pemahaman yang holistik tentang industri kopi.


“Tidak terasa sudah 5 tahun Kopi Kenangan hadir menyajikan kopi berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia. Seluruh pencapaian ini tentunya merupakan kerja keras seluruh tim Kopi Kenangan. Kami juga ingin mengapresiasi Para Mantan dan seluruh pihak terkait yang terus memberikan dukungan, bahkan membantu perkembangan kami dalam menjadi perusahaan New Retail F&B Indonesia, Kenangan Brands. Kami juga berkomitmen untuk terus menyajikan minuman dan makanan dengan cita rasa lokal berkualitas tinggi bagi seluruh pelanggan setia kami,” terang Edward Tirtanata, selaku CEO & Co-founder Kopi Kenangan.