• Maria Yuliana Kusrini

Kreasi Para Praktisi Kuliner Saat #DiRumahAja

Kegiatan harian yang akhir-akhir ini hanya terbatas dilakukan di rumah, tidak membunuh kreativitas beberapa pelaku kuliner ini lho. Bahkan para ‘tukang masak’ berikut ini tetap asyik membuat menu-menu spesialnya dan diunjukkan di media sosial masing-masing.


Ada yang berkreasi dengan menu rumahan yang simpel dan sehat, ada yang membuat kue ulang tahun untuk orang yang disayangi, juga ada yang berkreasi dengan mie instan, berkreasi dengan dalgona coffee yang sedang viral, bahkan ada juga yang gagal saat membuat dalgona coffee. Nah berikut ini beberapa pelaku kuliner Tanah Air dengan menu kreasinya yang dibuat saat ada di rumah.


Chef Vindex Tengker

Chef satu ini terbilang sangat rajin memamerkan kebolehannya saat beraksi di dapur rumahnya. Meski bisa dibilang sebagai chef senior, tapi ternyata Chef Vindex sempat gagal lho saat membuat dalgona coffee. Kopi viral yang coba ia bikin hasilnya kurang kental dan tidak padat. Tak patah semangat, ia pun mencobanya lagi dengan mengganti bubuk kopinya dan berhasil. Tak berhenti sampai di situ, ia juga mengkreasikan dalgona coffee dengan brown sugar. Chef Vindex juga membuat cookies, cake, dan berbagai menu rumahan lainnya. Ia juga sering memberikan tips sekaligus membagikan resep dari menu-menu yang dibuat.


Chef Bara Pattiradjawane

Chef Bara pun tidak mau kalah dengan membuat kreasi menu yang dibuat langsung di dapurnya. Bahan yang ia gunakan pun mudah didapatkan dan biasanya selalu ada di dapur tiap keluarga. Mulai dari kreasi menu yang dibuat dengan menggunakan telur yang ia kreasikan dengan berbagai topping. Sebut saja Telur Ceplok Saus Teriyaki, Telur Ceplok Sambal Dabu Dabu, Telur Dadar Saus Lada Hitam, Sandwich Telur Alpukat, dan lainnya. Paling baru, ia sedang berkreasi dengan menu yang menjadikan mi instan sebagai bahan utamanya. Mi instan kreasinya antara lain Fritata Mie Instan, Mie Kuah Dadar Sambal Matah, hingga Mie Instan Saus Carbonara. Chef Bara juga membagian resepnya lho, jadi bisa langsung coba dicontek dan dipraktekkan di rumah masing-masing.

Chef Chandra Yudasswara

Hal berbeda dilakukan oleh Chef Chandra. Tak hanya sekedar berkreasi di dapur, ia juga menunjukkan kepeduliaannya di tengah virus yang sedang melanda Tanah Air. Ia bersama restoran yang dikelolanya serta didukung oleh donatur membagikan makan siang dan makan malam untuk para petugas medis. “Menyiapkan lunch box dan dinner box untuk petugas medis. Sebisa mungkin aku perhatikan komposisi nutrisi dan sayuran dominan. Menunya setiap hari diganti,” ungkapnya. Menu kreasinya itu berupa nasi putih, mie goreng, 1 macam sayur, dan 2 protein yang bisa berupa telur balado, ayam goreng, ataupun olahan lauk lain. Setiap harinya, tak kurang dari 200 kotak nasi ia bagikan ke beberapa rumah sakit.


Chef Yuda Bustara

Dalgona Coffee yang sempat viral juga tak dilewatkan Chef Yuda Bustara untuk ia buat di rumah. Tak tanggung-tanggung, selain Dalgona Coffee, ia pun membuat Dalgona Matcha dan Dalgona Milo. Ia juga membagikan resep anti gagal saat membuat kopi viral itu. Selama di rumah aja, ia juga mengaku rutin mengonsumsi madu dan jus. Agar tidak merasa bosan, ia pun mengkreasikan madu dengan rempah dan buah. Salah satu yang ia buat adalah Infused Honey. Chef Yuda pun membuat camilan seperti Tempura Jagung dan Macaroni and Cheese yang mudah dibuat dan menggunakan bahan instan yang mudah ditemukan di minimarket atau supermarket dekat rumah.

Chef Norman Ismail

Menu rumahan yang simpel, enak, dan sehat jadi kreasi Chef Norman selama di rumah aja. Bahkan ia juga membuat salah satu menu favorit sang buah hati, Tahu Jamur Shimeji dan membocorkan cara membuatnya. Ia juga membuat kreasi menu sehat dan unik bernama Nasi Goreng Sehat Tanpa Nasi. Sesuai namanya yang tidak menggunakan nasi putih, menu ini malah menjadikan kembang kol yang dipadukan dengan aneka sayuran, telur, dan daging cincang sebagai bahannya. Ia juga berkreasi dengan menu yang diberinya nama Simple Meatloaf, Baked Potato Bolognaise, hingga Baked Spaghetti Bolognaise. Semua kreasinya itu pun dilengkapi dengan resep, sehingga bisa dibuat sendiri di rumah.


Nicky Tirta

Sosok Nicky Tirta sebenarnya lebih dikenal sebagai aktor dan model ketimbang sebagai tukang masak. Padahal, Nicky sebenarnya terbukti jago memasak lho, aneka pastry juga banyak yang berhasil ia buat. Baru-baru ini, Nicky berhasil membuat kreasi kue ulang tahun yang cantik. Diberi nama Ghirardelli Lindt Cake, kue cokelat berlayer itu ia buat untuk salah seorang gadis yang kini sedang dekat dengannya. Tak hanya itu saja, ia pun sukses membuat roti tawar, donat kentang, mie ayam, pisang nugget, dan lainnya di rumah.

© 2019 yukmakan channel