• Maria Yuliana Kusrini

Kue Lapis Combi Philipine

Resep dibuat oleh Chef Lanny Soechan & Interflour



Bahan Lapis Legit:

350 gr Mentega Kocok

75 gr Tepung Terigu

20 bh Kuning Telur

3 bh Putih Telur (400 cc)

120 gr Gula Halus

2 sdm Susu Kental Manis

1 sdm Susu Bubuk

1 sdm Custard Bubuk

1 sdm Bumbu Lapis

Vanili secukupnya, dikocok kental


Bahan Lapis Surabaya:

300 gr Mentega Kocok

150 gr Gula Halus

100 gr Tepung Terigu

20 bh Kuning Telur

4 bh Putih Telur

2 sdm Susu Bubuk

2 sdm Custard Bubuk

½ sdt Baking Powder, ayak


Cara Membuat:

1. Untuk membuat lapis legitnya, kocok kuning telur, putih telur, gula halus, dan juga vanili sampai mengental. Lalu masukkan mentega kocok dan susu kental manis ke dalamnya, aduk sampai setengah rata. Kemudian tambahkan tepung terigu, susu bubuk, custard bubuk, dan bumbu lapis. Aduk semuanya sampai tercampur rata. Sisihkan.

2. Alasi loyang dengan menggunakan kertas anti lengket. Lalu panaskan loyang sebentar. Masukkan sedikit adonan ke dalam loyang yang sudah panas, panggang selama 5 menit atau sampai matang. Olesi bagian atas adonan dengan menggunakan campuran butter dan rhum. Beri adonan lagi di atasnya, panggang selama 5 menit lagi. Lakukan terus sampai adonannya matang.

3. Untuk membuat lapis surabayanya, kocok kuning telur dan putih telur sampai mengembang. Tambahkan gula halus, kocok kembali sampai semua bahan mengental. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, custard bubuk, dan baking powder ke dalam adonannya, aduk searah sampai rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Lalu panggang dalam loyang ukuran 20x20 cm dengan suhu 180°C selama 15-20 menit.

4. Untuk membuat Kue Lapis Combi Philipinenya, susun lapis surabaya, kemudian lapis legit di bagian atasnya, dan tumpuk lagi dengan lapis surabaya di bagian atasnya. Kue istimewa pun siap untuk dinikmati.