© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Kuliner Mengesankan Arda Naff

Hatna Danarda atau Arda yang sekaligus suami dari penyanyi Tantri Band Kotak memang sangat suka kulineran. Terbukti dengan salah satu kebiasaannya ketika sedang mengunjungi berbagai negara atau daerah di seantero Nusantara. Ia tidak akan absen untuk bisa menjajal kulineran dari setiap tempat yang didatanginya.



Vokalis dari grub band Naff itu mengungkapkan jika dirinya paling senang untuk mencicipi makanan yang belum pernah ia coba sebelumnya. “Kalau pas lagi tur dan off air ke daerah-daerah aku sekalian kulineran,” terang pria yang menyukai sajian khas Jawa Timuran itu. Menurutnya, tiap daerah atau pelosok-pelosok pasti punya menu yang unik. “Kuliner daerah wajib untuk dicicipi, tapi kalau untuk yang semacam ulat-ulat gitu ya saya nggak mau, saya nggak berani. Extreme food saya nggak mau coba,” ungkap pria kelahiran Madiun, 17 Juni 1988 itu.


Makanan daerah bercitarasa unik yang pernah ia coba adalah belalang. Ia pernah mencoba olahan belalang goreng yang menjadi salah satu camilan khas dari daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. “Saya pernah penasaran sama belalang, ya akhirnya saya coba! Rasa belalangnya asyik sih, kayak udang, enak banget. Belalang kan makanan khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanya kalau ada temen yang pulang ke sana, aku pasti pesen. Kalau nggak, kan Tantri kakek-neneknya orang sana, jadi suka mesen juga. Selain belalang goreng, paling suka sama belalang bacemnya,” tungkas Arda yang cenderung menyukai jenis masakan bercitarasa manis pedas.


Arda juga memiliki pengalaman unik dan tak terlupakan saat dirinya mencoba kuliner di Taiwan. “Pas ke Taiwan kita mau makan, tapi kita nggak tau nama menunya, karena tulisannya pakai bahasa Taiwan semua. Orang di sananya juga nggak bisa bahasa Inggris. Jadi saya tinggal nunjuk salah satu menu saja. Ternyata pas dikeluarin menu yang saya pesan itu semacam acar. Padahal waktu itu saya pilih yang harganya paling mahal. Tapi kok malah menunya acar yang dibumbui gitu. Mirip kimchi tapi beda ya,” kenang ayah dari Karanada Medina Danarda itu.


Foto.Dok.Istimewa