• Novi Amaliyah

Langkah Praktis Membuat Mayonaise Sendiri


Siapa tak suka dengan mayonaise, kondimen satu ini banyak diaplikasikan untuk berbagai sajian. Meski kondimen satu ini mudah dijumpai di pasaran tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri di rumah.


Selain lebih segar, mayonaise buatan sendiri juga lebih alami. Bahan-bahan untuk membuat mayonaise juga mudah didapat. Bahan yang dibutuhkan antara lain kuning telur, air perasan jeruk lemon atau cuka, minyak sayur atau canola, dan garam untuk perisa.

Mayones sendiri adalah emulsi, atau istilah teknis untuk campuran dua cairan yang biasanya tidak tercampur, seperti kuning telur dan minyak. Yuk simak langkah praktis membuat mayonaise sendiri.


  1. Langkah pertama untuk membuat mayonaise diawali dengan mengocok kuning telur hingga lembut dan creamy. Kemudian masukkan air perasan jeruk lemon atau cuka sambil terus dikocok.

  2. Sebaiknya hindari membuat mayonaise menggunakan aluminium atau tembaga. Karena asam dari jeruk atau cuka dapat bereaksi dengan logam dan memberi rasa logam pada mayonaise.

  3. Setelah kuning telur dikocok, tambahkan beberapa tetes cuka atau jus lemon. Asam membantu menstabilkan emulsi dan membuat kuning telur menyerap lebih banyak lemak, membuatnya lebih mudah untuk membuat mayonaise.

  4. Beri beberapa tetes minyak sambil terus dikocok. Untuk mayonaise klasik, minyak sayur atau minyak kanola adalah yang terbaik. Untuk rasa mayonaise yang berbeda, bisa juga menggunakan minyak lain, seperti minyak kenari, minyak alpukat, atau minyak zaitun. Mayones dibuat dengan minyak zaitun disebut aioli.

  5. Jika minyaknya telah terserap, bisa menambahkannya sedikit lagi. Kemudian kocok dengan cepat, tambahkan minyak secara perlahan. Sambil perhatikan kuning telur mulai mengental dan berubah menjadi agak kental. Artinya, emulsi mulai terbentuk. Jika campurannya creamy dan tidak terpisah, bisa mulai menambahkan minyak sedikit lebih cepat.

  6. Jangan menambahkannya terlalu cepat atau emulsi akan pecah, jadi lebih baik tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus mengocok. Bisa juga menambahkan beberapa tetes jus lemon atau cuka pada tahap ini untuk melembabkan sedikit. Selain menstabilkan emulsi, jus lemon atau cuka memberi mayones rasa tajam yang enak. Saat membuat mayones, jangan berhenti mengocok dengan cepat sampai semua minyak telah ditambahkan.

  7. Setelah menambahkan semua minyak dan campurannya menjadi lembut dan tercampur rata, mayones selesai! Sesuaikan rasa, tambahkan air perasan jeruk lemon dan garam, jika ingin citarasa pedas, tambahkan saus cabai. Mayonaise buatan sendiri dapat disimpan selama sekitar satu minggu di lemari es.

© 2019 yukmakan channel