• Novi Amaliyah

Macam-Macam Nasi Biryani, Yang Mana Favoritmu?


Sajian kuliner India dikenal sebagai salah satu sajian yang kaya dengan bumbu dan rempah yang pekat. Tak terkecuali sajian nasi biryani khas India, sajian nasi dengan bumbu rempah serta paduan daging seperti kambing, domba, ayam maupun ikan. Ada banyak jenis nasi biryani tergantung dari nasi biryani berasal. Berikut beberapa jenis biryani yang mudah dijumpai, penamaan nasi biryani sesuai dengan nama sesuai tempat pembuatannya.


Sindhi biryani

Jenis biryani aromatik ini populer di Pakistan dan dikenal dengan rasanya yang pedas, nasi yang harum, dan daging yang lembut. Sindhi biryani dibuat dengan daging dan nasi basmati, sayuran, dan berbagai jenis bumbu dan rempah.


Hyderabadi biryani

Biryani ini adalah salah satu jenis biryani paling populer di India. Nasi biryani ini menggunakan paduan daging kambing yang direndam dan dimasak bersama dengan nasi dan dibumbui dengan kelapa dan saffron.


Malabar Biriyani

Ini adalah satu-satunya versi biryani di Kerala, negara bagian India. Nasi biryani ini adalah hidangan populer yang dimakan oleh komunitas Muslim Malabar dan menggabungkan nasi Khyma yang dicampur dengan ghee.


Biryani Kalkuta/Kolkata

Nasi biryani ini kebanyakan menggunakan kentang dan telur dan terkadang hanya mengandung daging. Citarasa nasi biryani kalkuta jauh lebih ringan dari segi bumbu. Bumbu nasi biryani Kalkuta terbuat dari kayu manis, pala, cengkeh, kapulaga, dan rempah-rempah lainnya, dan nasinya dibumbui dengan ketaki atau air mawar dan berwarna kuning.


Ambur biryani

Kota penyamakan kulit di Tamil Nadu ini membuat salah satu jenis biryani paling terkenal, dan kota ini memiliki lebih banyak tempat makan yang menyajikan nasi biryani daripada kota lain di dunia. Daging dan nasi dimasak terpisah kemudian disatukan, bersama dengan daun mint.


Lucknowi biryani

Biryani jenis ini dibuat dengan gaya masakan Persia sehingga menggunakan metode dum pukht dimana daging dan kuahnya hanya dimasak sebagian lalu dilapisi dan disajikan dalam handi yang tertutup rapat dengan profil bumbu yang tidak terlalu pekat.


Biryani Mughlai

Biryani ini dimasak dengan bumbu rempah, ayam, pasta almond, ghee, buah-buahan kering, dan cabai hijau, dan memiliki rasa yang kaya.


Kalyani biryani

Potongan kecil daging kerbau dimasukkan ke dalam nasi biryani serta citarasa yang kaya dan beraroma.