• Novi Amaliyah

Makanan Paling Dicari Saat Ramadhan


Ada banyak makanan khas yang dijadikan sajian untuk berbuka puasa. Beberapa makanan bahkan hanya ada saat bulan puasa dan jarang dijumpai di hari-hari biasa. Tak heran menikmati sajian ini jadi terasa lebih istimewa.


Sebagai negara yang kaya akan keragaman suku dan budaya yang beragam dari ujung Barat hingga ujung Timur, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang tak terhitung jumlahnya. Tak hanya itu Indonesia juga menjadi negara dengan penduduk muslim tertinggi di dunia, dimana setiap tahunnya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pengaruh budaya di masing-masing daerah ini menghadirkan budaya serta sajian khas daerah yang hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadhan tiba.


Di Jakarta sendiri sajian menu berbuka puasa biasanya berupa sop buah, es blewah, es campur dan banyak ragam minuman dingin lainnya. Untuk makanan ada mie goreng, bihun goreng, aneka gorengan hingga lontong dengan isian oncom atau sayuran yang disajikan dengan sambal kacang. Beda daerah, beda juga makanan untuk berbukanya. Namun berikut beberapa makanan yang paling dicari saat bulan puasa tiba. Kamu sendiri, apa menu favoritmu untuk berbuka?


Kolak

Sajian manis berkuah satu ini paling populer disajikan selama bulan Ramadhan. Kolak terdiri dari potongan pisang kapok, ubi jalar, singkong, kolang-kaling yang dimasak dalam kuah santan dengan paduan gula aren serta daun pandan untuk menambah aroma harum yang sedap. Saat ini kolak hadir dengan berbagai variasi seperti dengan menambahkan sagu mutiara atau mengganti gula aren dengan gula pasir biasa.



Aneka Gorengan

Siapa menolak gorengan panas, rasanya makanan satu ini jadi camilan favorit orang Indonesia. Aneka gorengan seperti tempe goring, tempe mendoan, bakwan sayur hingga tahu isi selalu jadi buruan menjelang buka puasa. Biasanya aneka gorengan ini disajikan dengan cabai rawit atau sambal kacang.

Biji Salak

Meski namanya biji salak bukan berarti makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini terbuat dari biji salak. Kudapan khas untuk berbuka puasa satu ini terbuat dari ubi jalar dengan tapung sagu yang dimasak dalam kuah santan dengan paduan gula aren atau gula jawa yang sudah ditambahkan daun pandan.


Sop Buah

Siapa tak suka dengan minuman dingin satu ini, es buah menjadi salah satu sajian yang banyak dicari menjelang waktu berbuka. Tak hanya warnanya yang cantik dan tampilannya yang meriah, citarasa minuman satu ini juga begitu nikmat. Sop Buah berisikan aneka macam buah seperti buah naga, pear, blewah, melon,anggur, kelapa muda, ada juga yang menambahkan alpukat. Susu kental manis dan sirup cocopandan atau frambozen jadi pelengkapnya.

Lontong Isi

Menu berbuka satu ini juga banyak dicari menjelang berbuka puasa, selain praktis lontong isi paling pas disantap dengan aneka gorengan panas ditambah sambal kacang. Lontong isi ini biasanya ada yang berisi oncom pedas atau ada juga yang berisi sayuran seperti kentang dan wortel.

© 2019 yukmakan channel