© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Makanan Penghalau Flu



Di musim penghujan seperti sekarang ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi sangat penting. Terkadang betapa sudah berusaha, rasanya terkadang mustahil mengindari tertular dari flu maupun batuk pilek dari rekan kerja. Kalau sudah tertular berbagai aktivitas jadi terhambat dan terkadang obat-obatan bukanlah satu-satunya cara agar segera pulih. Kalau sudah terlanjur terserang flu dan sakit sebaiknya, tambahkan makanan-makanan khusus untuk meredakan menenangkan gejala serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut 6 Makanan penghalau flu yang sebaiknya dikonsumsi.


Yogurt

Yogurt merupakan sumber probiotik yang menjaga usus tetap sehat dan mengurangi peradangan, yang pada gilirannya membantu mengurangi gejala pilek yang parah. Yogurt bisa jadi pilihan sebagai tambahan menu sarapan dengan paduan buah potong segar atau sebagai makanan selingan yang sehat.


Telur

Telur biasa dijadikan menu sarapan, selain praktis telur juga kaya nutrisi. Direbus, digoreng atau telur arik akan memberikan dosis zinc tambahan yang baik yang banyak juga ditemukan dalam banyak obat flu. Tambahkan telur sebagai menu sarapan untuk membantu menghilangkan gejala flu dalam waktu singkat.




Oatmeal

Semangkuk oatmeal untuk menu sarapan bisa menjadi pilihan yang sehat. Oatmeal mengandung beta glukan, sejenis serat yang membantu tubuh untuk menyembuhkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tambahkan blueberry sebagai penambah antioksidan atau irisan pisang untuk meningkatkan potassium yang seringkali habis saat seseorang dilanda demam.


Seafood

Ikan mungkin bukan jadi menu yang didam-idamkan ketika harus terbaring di tempat tidur. Tetapi beberapa jenis ikan mengandung lemak omega yang baik seperti salmon dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. Lemak ini yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengaktifkan sel-sel T yang melawan penyakit. Tiram juga mampu memberi dorongan tambahan Vitamin C dan E, ditambah zinc, yang menjaga sel-sel tetap sehat dan siap melawan virus.


Makanan Pedas

Makanan berkuah pedas memang jadi comfort food dikala flu, hidung tersumbat dan kepala yang pening rasanya sedikit berkurang setelah menyeruput soto ayam maupun bakso berkuah pedas. Makanan pedas memang memberikan sensasi yang melegakan hidup tersumbat dalam waktu singkat.


Paprika

Konsumsi jeruk sebagai pengganti vitamin C pada tanda-tanda awal pilek bisa jadi pilihan yang tepat. Namun selain buah jeruk kamu juga bisa menggantinya dengan konsumsi paprika merah. Dimana paprika merah memiliki dua kali jumlah vitamin C yang ditemukan dalam buah jeruk, jadi jeruk bukan satu-satunya pilihan sumber vitamin C alami.