• Maria Yuliana Kusrini

Manfaat Baik Pala Untuk kesehatan


Tak hanya bermanfaat sebagai bahan penyedap atau bumbu pada masakan, ternyata pala juga memiliki segudang manfaat lainnya. Pala punya peranan yang cukup penting untuk kesehatan tubuh, itu berkat adanya beragam kandungan senyawa kimia yang dikandung di dalamnya.



Pala bisa mengatasi beberapa penyakit. Seperti contohnya dapat mengobati masuk angin, insomnia atau gangguan tidur, stomakik atau memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan, karminatif alias memperlancar buang angin, dan antiemetik yang mengatasi rasa mual mau muntah, nyeri haid, serta rematik. Berikut ini beberapa resep buah pala untuk mengatasi berbagai keluhan pada tubuh.


Mengatasi nyeri haid untuk wanita

Ambil ½ sendok teh pala bubuk, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh, dan 1 gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.


Meredakan gejala stres dan Insomnia

1 sendok teh biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sendok teh madu, dan ½ sendok teh gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring, dan minum selagi hangat.


Mengatasi rasa mual dan muntah

Seduh 1 sendok teh pala halus dengan ¼ sendok teh garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.


Meringankan gejala maag, masuk angin dan cegukan

Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sendok teh pala halus dan 2 sendok teh bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh.


Menyembuhkan suara parau

Campur 2 sendok makan pala halus, 2 sendok makan jahe parut, 1 sendok teh cengkeh halus, dengan 3 tetes minyak kayu putih. Campur semua bahan sampai terbentuk seperti adonan. Kemudian oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh.