© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Manfaat Konsumsi Jus Buah dan Sayur

Jus kerap kali dipilih sebagai minuman segar, nikmat, sekaligus menyehatkan. Minuman ini biasa dibuat dari campuran buah maupun sayur. Bukan hanya nikmat, mengonsumsi jus juga bisa membuat kenyang sehingga tak sedikit orang yang mengonsumsinya sebagai menu sarapan atau makan malam. Jus sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bagi mereka yang sedang menjalankan diet untuk mendapat bentuk tubuh proporsional.



Selain itu, jus buah dan sayur murni sangat mudah dicerna tubuh karena bentuknya yang sudah cair. Dengan begitu nutrisi juga akan mudah diserap tubuh. Penyerapan dan pencernaan yang mudah ini akan membantu melancarkan serta mengatasi masalah pada perut seperti kram atau perut kembung. Jus buah dan sayur juga bisa menjadi bahan detoks untuk mengeluarkan racun-racun dalam perut.


Mengonsumsi jus sudah jelas kaya akan nutrisi seperti mineral, vitamin, dan serat. Selain itu buah dan sayur juga kaya akan antioksidan serta phytochemicals yang berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh manusia. Zat seperti ini bisa ditemukan dalam jus berbahan buah delima, anggur, jeruk, tomat, daun kale, seledri, dan kol.


Menikmati jus bisa dalam waktu segang seperti saat snack atau coffee time. Pilihan ini digunakan sebagai camilan sehat yang juga mengenyangkan. Kandungan mineral yang banyak dalam jus buah maupun sayur sudah tentu dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas. Selain itu, juga dapat mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi tubuh tetap berjalan dengan baik.


Namun disarankan untuk Anda mengonsumsi jus yang dibuat sendiri di rumah dan bukan memilih jus kemasan. Jus kemasan meski praktis namun terkadang kandungan nutrisinya sudah banyak terbuang. Meminum jus kemasan juga belum tentu baik untuk tubuh karena tinggi gula dan rendah serat yang berkurang saat proses produksi.