© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Manfaat Teh

Teh banyak dinilai kaya akan manfaat dan memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu masyarakat Indonesia tidak pernah lepas dari teh dalam kesehariannya. Kebiasaan minum teh pun terkesan tidak mengenal waktu, baik itu saat pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Tak hanya jadi teman setia dalam berbagai suasana, teh pun dikenal punya segudang manfaat lho.

Teh mengandung kafein, flouride, polifenol atau anti oksidan, asam amino L-theanine, dan juga essential oil. Kafein yang terkandung di dalam teh lebih sedikit dibandingkan kandungan kafein dalam kopi. Dan polifenol juga merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan juga vitamin C. Sedangkan essential oil yang terkandung di dalam teh berperan sebagai penghasil aroma pada teh yang bersifat menenangkan.


Hal ini juga dikuatkan oleh seorang dokter yang berasal dari Tohhoku University Graduate School of Biomedical Engineering Japang yang bernama Dr. Kaijun Niu, di dalam penelitiannya ia menemukan fakta bahwa seseorang yang mengkonsumsi 4 gelas teh hijau dalam sehari, kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi. Teh juga mampu menenangkan syaraf sehingga akan mengurangi tingkat stress seseorang.


Mengonsumsi teh hijau minimal dua cangkir dalam sehari juga akan meningkatkan memori dalam otak. Teh juga mampu meningkatkan kekebalan dalam tubuh sehingga tidak mudah sakit. Radiasi UV yang menyebabkan kanker kulit juga bisa dicegah dengan teh. Tak hanya itu saja, teh juga mampu memperlambat penuaan alias membuat seseorang tampak lebih muda, atau menjaga keremajaan kulit.


Pengonsumsi teh, juga akan terhindar dari penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak minum teh. Khususnya teh hitam diyakini memiliki kandungan yang dapat melancarkan aliran darah ke dalam jantung. Tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, teh juga dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan resiko terkena stroke, menurunkan resiko terkena penyakit hati, dan mencegah hepatitis.


Bagi yang berencana untuk diet, teh juga cocok untuk dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi dengan dosis yang cukup yang dibantu dengan olah raga serta asupan makan yang terkontrol akan membuat tubuh menjadi lebih proporsional.