• Novi Amaliyah

Manfaat Teh Untuk Rumah Tangga Selain Diseduh


Selain dipercaya memiliki khasiat bagi tubuh dan kesehatan, ternyata teh juga memiliki manfaat untuk keperluan rumah tangga. Selain bisa dijadikan pengharum ruangan alami, teh juga bisa digunakan untuk merawat furniture dan peralatan rumah tangga lainnya. Berikut manfat teh yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga. Selamat mencoba!

Mengkilapkan Lantai Kayu  Lantai kayu dapat mengkilap kembali dengan bantuan kandungan tanin dari teh hitam. Caranya, seduh teh hitam dengan air secukupnya. Bersihkan lantai seperti biasa dengan menggunakan air seduhan teh dan biarkan kering dengan sendirinya. 

Merawat furnitur Furnitur  Untuk merawat furniture yang berbahan kayu, seduh daun teh, celupkan kain pembersih kedalamnya, kemudian gosokkan perlahan pada furnitur. Maka, furnitur anda akan bersih dan mengkilap kembali.

Membersihkan Karpet  Untuk membersihkan karpet yang kotor kita bisa menggunakan teh hijau. Caranya, taburkan bubuk teh hijau pada karpet dan diamkan selama 15 menit. Kemudian hisap dengan vacuum cleaner hingga bersih.

  Membersihkan Kaca atau Cermin Jendela  Jika memiliki sisa teh celup yang sudah digunakan, jangan lekas dibuang. Kantung teh ini bisa digunakan untuk membersihkan kaca atau cermin yang kotor dari debu dan noda. Gosokan sisa kantung teh celup yang masih lembab, atau gunakan daun teh yang telah diseduh untuk membersihkan kaca dan cermin. 

Menghilangkan Noda Toilet  Noda membandel dalam toilet dapat dibersihkan menggunakan teh. Caranya, letakan sisa kantung teh yang lembab di bagian bawah toilet selama beberapa jam, kemudian gosok perlahan, siram hingga noda hilang. 

Pewangi Alami  Jangan buang teh herbal yang telah lama tidak digunakan. Rasanya mungkin telah hilang, namun aromanya masih baik. Gunakan untuk menambahkan aroma potpourri (kantung wewangian dari bahan alami yang dikeringkan). Caranya, keluarkan teh herbal dari kantung, tambahkan dalam potpourri. Penyegar aroma mobil yang biasanya dari bahan kimia juga bisa diganti dengan teh lavender atau teh herbal lainya. Letakan dalam wadah kecil dalam mobil, aroma segarnya pun akan menyebar. 

Mengusir Serangga  Untuk mengusir hewan kecil maupun serangga pada karpet bisa diusir dengan seduhan teh hitam. Masukan air teh dalam sprayer, semprotkan secukupnya pada karpet. Seduhan teh hitam dapat mengusir tungau dan hewan kecil di karpet. 

Penyerap Bau  Baking soda sering digunakan sebagai penyerap bau kulkas. Tapi juga dapat menggantikannya dengan teh. Masukkan beberapa kantung teh dalam kulkas, sama seperti ketika anda meletakan baking soda. 

Mengusir Kutu  Jika memiliki hewan piaraan sebaiknya cegalah kutu pada hewan kesayangan dengan menaburkan daun teh kering disekitar tempat tidur hewan peliharaan.

Melenyapkan Amis  Tidak hanya bubuk kopi, air teh tawar juga bisa menghilangkan aroma amis pada tangan. Setelah mencuci tangan dengan air teh, lalu cuci lagi menggunakan sabun dan bilas hingga bersih. 

Menetralkan Bau Sampah  Aroma sampah yang tertinggal pada kotak sampah dapat dinetralkan dengan cara menaburkan daun teh hijau kering didalamnya. Daun teh hijau ini akan membantu menyerap bau. 

Mempertahankan Air  Tambahkan beberapa kantong teh celup pada tanaman pot di bagian bawah, agar dapat membantu mempertahankan air dan menambahkan nutrisi yang penting bagi tanaman.








© 2019 yukmakan channel