• Novi Amaliyah

Mascarpone, Keju Italia Populer Sejak Jaman Renaisans


Mascarpone, keju Italia satu ini menjadi salah satu dari sekian keju asal negara pizza yang begitu populer. Keju ini menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan dessert paling terkenal dari Italia yaitu Tiramisu. Siapa tak kenal dengan sajian manis nan lezat yang lumer di mulut ini. Mascarpone merupakan keju yang berasal dari Lombardy di Italia bagian utara, konon keju ini sudah ada sejak jaman renaisans.


Keju mascarpone merupakan krim keju segar yang berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang sangat halus dan mudah digunakan sebagai olesan serta memiliki citarasa creamy seperti susu namun sedikit manis. Teksturnya yang halus dan lembut seperti butter ini berasal dari tingginya kandungan lemak mentega yang tinggi, sekitar75%. Tak heran jika harga keju satu ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan cream cheese.


Proses Pembuatan Mascarpone

Produsen keju mascarpone menggunakan proses sederhana yang sama dengan cara membuat keju mascarpone di rumah, tetapi dalam skala yang lebih besar. Pada dasarnya, mascarpone dibuat dengan menambahkan asam ke dalam krim segar yang menyebabkannya sedikit menggumpal. Kemudian gumpalan ini dimasak dengan api kecil yang stabil hingga mencapai konsistensi seperti krim fraiche.


Tidak seperti banyak keju yang mengandalkan kemampuan pengental, rennet, enzim yang diproduksi di perut hewan ruminansia, mascarpone menggunakan asam sitrat atau tartarat untuk memadatkan krim. Jus lemon bisa digunakan dalam pembuatan mascarpone rumahan. Setelah itu whey atau cairan produk sampingan dari pembuatan keju atau kasein yang banyak digunakan dalam kebutuhan komersial dari proses penyarian susu yang mengental. Kemudian terciptalah mascarpone yang lembut, segar, dan buttery. Sebagai salah satu keju yang segar dan dapat segera digunakan.


Aplikasi Mascarpone

Mascarpone dapat digunakan sebagai bahan baku kudapan manis maupun gurih dan dapat memberikan elemen citarasa yang kaya dan lembut. Keju ini bisa digunakan sebagai pengganti krim kocok atau whipped cream sebagai frosting cake bersama aneka buah segar. Sebagai bahan untuk aneka kue yang dipanggang seperti cheese cake atau sebagai pengganti sour cream ke dalam muffin atau banana cake.

Untuk kudapan bercitarasa gurih, mascarpone bisa digunakan untuk membuat saus pasta atau sebagai pengganti krim di hampir semua hidangan. Seperti untuk mengentalkan sup, isian dada ayam, dan sebagai olesan bagel.

Mau yang beda, coba tambahkan ke dalam sayuran panggang seperti brokoli atau ke dalam omelet atau scramble egg.


Mascarpone juga bisa dikreasikan sebagai saus celup, tambahkan aneka herbs segar favorit dan bawang putih. Atau nikmati sesendok besar mascarpone sebagai makanan penutup ringan dengan taburan bubuk coklat, serutan cokelat, atau kucuran madu di atasnya. Sajikan dengan aneka buah beri segar, ataupun aneka buah kering. Selamat mencoba.

© 2019 yukmakan channel