• Novi Amaliyah

Mengenal 4 Manfaat Kesehatan Rumput Laut



Tahukah kamu selain enak, ternyata rumput laut adalah salah bahan makanan yang tergolong dalam superfood. Tak hanya dimanfaatkan untuk menggulung sushi, rumput laut juga diolah menjadi bahan untuk membuat salad seperti wakame yang merupakan salad basah yang terbuat dari rumput laut. Kini rumput laut banyak diolah menjadi berbagai produk mulai dari kudapan ringan rumput laut, taburan untuk pelengkap makanan.

Tak hanya enak, rumput laut juga mengandung nutrisi padat yang memiliki banyak manfaat, berikut 4 manfaat kesehatan dengan mengonsumsi rumput laut.

Sumber Yodium Tinggi

Rumput laut kaya akan mineral yodium yang sangat dibutuhkan tubuh. Mikronutrien esensial ini sangat sulit ditemukan dalam makanan lainnya. Yodium sangat penting untuk fungsi tiroid, metabolisme, dan fungsi otak. Mulai saat ini kamu bisa menjadikan rumput laut sebagai kudapan sehat untuk memenuhi asupan beryodium.

Sumber Vitamin B12 Berbasis Tanaman

Untuk kamu pelaku gaya hidup berbasis tanaman dan menghindari konsumsi produk hewani bisa menjadikan rumput laut sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Vitamin B12 sangat penting bagi tubuh, dimana vitamin ini merupakan salah satu vitamin esensial yang larut dalam air yang penting untuk pertumbuhan sel dan fungsi saraf. Kekurangan juga dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yang membuat tubuh menjadi lelah dan lemah. Vitamin B12 secara tradisional hanya diproduksi di usus hewan, jadi tidak mungkin untuk mencapai angka kecukupan gizi melalui sumber nabati. Sementara produk yang diperkaya dengan B12 lainnnya ada tahu, tempe, susu nabati, dan daging tiruan, rumput laut adalah pengecualian karena mengandung sejumlah kecil vitamin esensial B12 secara alami. Meskipun ini tidak cukup untuk menggantikan makanan yang diperkaya vitamin B12 ngemil rumput laut bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menjaga tingkat gizi mikro tetap terkendali.

Membersihkan dan Detoksifikasi

Rumput laut adalah sumber serat makanan yang kaya, baik untuk mengatur dan membantu mengosongkan saluran pencernaan kita. Zat klorofil, pigmen yang terdapat pada rumput laut dipuji karena tak hanya perannya dalam fotosintesis, tetapi juga untuk detoksifikasi tubuh kita. Pada Advances in Food and Nutrition Research, Niranjan Rajapaske membahas bagaimana susunan molekul rumput laut sangat penting untuk membantu kesehatan pencernaan manusia. Rumput laut mengandung serat hingga 75% dari berat kering tanaman, ini menyediakan sumber makanan yang fantastis untuk bakteri di usus besar. Rumput laut juga diperkaya asam lemak esensial tingkat tinggi, seperti omega-3.

Mengandung Profil Asam Amino

Untuk pelaku gaya hidup plant-based memang sedikit kesulitan untuk mendapatkan semua protein yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi sehari-hari selain dari kacang-kacangan. Rumput laut juga mengandung profil asam amino sehingga bisa menjadi alternative untuk memenuhi kebutuhan lemak esensial tubuh yang bersumber dari tanaman. Selain itu bisa juga menambahkan spirulina dan chlorella. Diperkirakan ada 4gm protein dalam 7gm spirulina kering, kamu bisa menambahkannya pada smoothies favorit.

© 2019 yukmakan channel