© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Mengenal Acai, Superfood Dari Amazon



Beberapa tahun belakangan muncul trend superfood yang mencuri perhatian dunia makanan kesehatan. Dimana superfood ini diklaim sebagai makanan yang memiliki kandungan super dengan segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya Acai, bahan satu ini banyak digunakan pada smoothie bowl yang tengah digandrungi pelaku gaya hidup sehat. Sebenarnya apa sih acai dan bagaimana rasanya buah yang berasal dari Amazon ini dan meraih popularitas pertamanya di Amerika hingga ke seluruh dunia.


Açaí atau dikenal juga dengan Acai Berry bisa juga disebut sebagai berry dari Amazon, buah satu ini didapat dari buah pohon palem açaí, yang menghasilkan buah bergerombol. Buah inidipanen dalam tandan besar dan kecil seperti buah anggur yang terlihat seperti manik-manik berwarna unggu kehitaman yang mengantung.Setiap buahnyamemiliki bijiyang memakan 70 persen massa, yang dihilangkan sebelum buah ini bisa dikonsumsi.



Dari catatan sejarah acai berry telah menjadi makanan pokok orang-orang yang tinggal di dekat dan di sekitar delta Sungai Amazon, dari Brasil hingga Peru sejak lama. Secara tradisional buah berry berdaging ungu gelap ini direndam dalam air untuk melunakkan daging dan kulit agar mudah melepaskan bagian biji yangkeras di dalamnya. Bubur ungu yang dihasilkan ini kemudiandimakan dengan ikan, daging buruan, sebagai sup atau sebagai bumbu. Meskipun saat ini trend acai dipadukan sebagai bahan untuk membuat smoothie atau sebagai taburan dalam smoothie bowl. Saat ini açai diimpor dalam bentuk bubuk dan beku di seluruh Amerika Serikat dan dunia.


Di tempat asalnya, seperti Brazil, acai dibuat menjadi paduan untuk membuat es krim berwarna keunguna yang kemudian diberi topping kacang sangrai cincang dan cacao nibs. Penasaran untuk mencobanya, kamu bisa memadukannya dengan yogurt, pisang, raspberry atau kamu bisa menambahkan untuk cookies atau cake.


Untuk rasa, tidak seperti kebanyakan buah beri lainnya, tidak adacita rasa manis untuk buah satu ini. Sebaliknya, acai bercitarasa sedikit asam dengan samar note citarasa raspberry, delima, dan sedikit beraoma earthy. Tingkat keasaman yang tinggi dari buah ini akan menciptakan paduan sempurna dengan buah-buahan yang lebih manis. Banyak resep memadukan açai dengan madu atau pemanis lainnya.