• Novi Amaliyah

Mengenal Blue Cheese, Keju Biru Dengan Bau Menyengat



Blue Cheese atau keju biru adalah keju yang terbuat dari susu sapi, domba atau kambing yang dipasteurisasi dan dimatangkan dengan kultur penicillium. Keju biru umumnya memiliki rasa asin, rasa dan aroma yang tajam dan menyengat. Keju ini adalah sumber dan protein, kalsium, dan fosfor yang baik dan relatif rendah lemak tetapi memiliki kandungan natrium yang tinggi.


Bagaimana Blue Cheese Tercipta

Konon blue cheese tercipta dari ketidaksengajaan ketika keju disimpan dalam gua yang terjaga suhu dan kelembabannya pada abad pertengahan. Menurut cerita seorang pembuat keju di Roquefort, Perancis tak sengaja meninggalkan separuh roti yang sudah dimakannya di dalam gua saat dia menyimpan keju yang dibuatnya. Sekembalinya ke gua, dia menemukan roti yang tertinggal tertutup dengan jamur dan membuat keju yang dibuatnya menjadi keju biru.


Ada banyak jenis keju biru. Versi awal keju ini diproduksi di Perancis dan Italia, dan versi selanjutnya berkembang di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Saat ini ada banyak macam blue cheese, mulai dari tekstur dan rasanya yang berbeda-beda, mulai dari dengan tekstur yang beremah, mudah hancur, bercitarasa asin, dan tajam hingga bertekstur lebih lunak, lembut, dan agak lunak.


Beberapa versi keju ini bahkan diperkaya dengan krim dan memiliki bagian tengah yang lembut dan kulit yang mekar. Tidak peduli dengan varian dan profil rasanya, keju biru dicirikan oleh urat-urat berwarna hijau, biru, abu-abu, atau hitam atau bercak jamur saat dipotong. Ada banyak variasi yang tersedia di supermarket dan toko-toko khusus yang menjual keju dari yang murah sampai yang mahal, tergantung darimana keju ini berasal.


Keju ini sangat tepat untuk dinikmati dengan paduan buah dan kacang serta disajikan untuk cheese platter. Atau bisa juga dipadukan untuk tambahan pada saus, cream sauce dan sup sebagai penambah rasa atau bisa juga digunakan sebagai taburan untuk salad. Blue cheese juga menghadirkan citarasa umami untuk sajian dengan isian daging, hidangan pasta dengan keju serta biji-bijian yang dipanggang untuk menambah aroma dan citarasa yang lebih berani.

© 2019 yukmakan channel