• Novi Amaliyah

Mengenal Cocoa Butter, Lemak Cokelat Serbaguna Yang Kaya Manfaat


Kamu pasti pernah mendengar istilah cocoa butter bukan? cocoa butter adalah lemak murni dan stabil yang paling dikenal dalam industri makanan maupun kecantikan. Cocoa butter banyak digunakan dalam masakan baik untuk pembuatan resep makanan asin maupun manis seperti dessert. Cocoa butter, juga sering disebut cacao butter, memiliki rasa dan aroma cocoa khas cokelat dan dianggap sebagai lemak nabati. Meskipun menggunakan kata butter atau mentega namun lemak ini tidak mengandung produk susu.


Cocoa butter berwarna kuning pucat dan dijual dalam bentuk padat dan harus dilelehkan sebelum dimasak atau digunakan. Bahan ini biasa digunakan untuk membuat coklat putih dan coklat batangan lainnya, dimana memberikan mouthfeel yang halus dan lembut di mulut karena lemak ini meleleh pada suhu tubuh. Karena tekstur dan umur simpannya yang lama, cocoa butter juga digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit seperti lotion pelembab muka maupun hand body lotion dan aneka produk kecantikan lainnya.


Proses Produksi Untuk Mendapatkan Cocoa Butter

Biji kakao dari tanaman Theobroma cacao, digunakan untuk membuat cocoa butter dan bubuk kakao (cocoa powder). Prosesnya dimulai dengan memanggang biji kakao, mengupas kulit arinya, dan mengeluarkan biji kakaonya (cacao nibs). Biji kakao kemudian digiling menjadi pasta (disebut cocoa liquor), yang kemudian ditekan untuk mengeluarkan lemaknya. Lemak inilah yang disebut minyak theobroma ini merupakan lemak kakao (cocoa butter) yang dipisahkan dari padatannya, kemudian dibuat menjadi bubuk kakao.


Cocoa butter memiliki rasa dan rasa coklat yang ringan dan memiliki beberapa manfaat kesehatan berkat unsur nutrisi yang terdapat dalam coklat. Lemak ini akan memadat pada suhu ruang. Pada industri confectionary, cocoa butter digunakan untuk memberikan kerenyahan candy bar yang ideal. Di Amerika Serikat, cokelat harus dibuat hanya dengan cocoa butter, sedangkan di Eropa, jenis lemak lain dapat digunakan.


Cocoa butter adalah tambahan yang bergizi untuk resep manis maupun gurih dan dapat menambahkan citarasa creamy pada minuman maupun hidangan penutup. Cocoa butter bisa digunakan sebagai pengganti mentega kelapa atau minyak dan sebagai pengganti mentega dalam resep vegan atau bebas susu. Karena titik asapnya yang tinggi, cocoa butter sangat ideal untuk dimasak pada suhu tinggi karena tidak mudah gosong; itu juga tidak perlu menggunakan sebanyak lemak lainnya. Karena padat, cocoa butter perlu dicairkan sebelum digunakan.