• Novi Amaliyah

Mengenal Crème Fraîche, Cream Populer Dalam Masakan Prancis


Crème fraiche dibaca krem fresh adalah krim kental yang mengandung bakteri baik mirip yogurt dengan tekstur yang halus serta citarasa sedikit tajam yang populer digunakan dalam berbagai masakan Prancis. Cream serbaguna ini bisa digunakan dalam segala jenis masakan baik asin maupun manis, disajikan langsung maupun dimasaj terlebih dulu. Crème fraîche adalah bahan yang populer digunakan dalam pembuatan saus serta pasta, sup, saus celupan, hingga aneka cakes.


Crème fraîche adalah produk olahan susu khas Prancis yang digunakan untuk menambah citarasa creamy dan pekat pada sajian panas atau dingin. Cream ini biasanya mengandung 30 hingga 45 persen lemak susu dan digunakan dalam aplikasi seperti sour cream dan heavy cream. Crème fraîche khas Prancis ini dibuat menggunakan susu yang tidak dipasteurisasi dan kultur bakterilah mengentalkan krim secara alami. Kultur ditambahkan untuk membantu proses pengentalan saat crème fraîche dibuat dengan susu pasteurisasi.


Crème Fraîche vs Sour Cream

Crème fraîche dan Sour Cream sering kali digunakan untuk saling menggantikan. Meski hasilnya serupa tetapi tidak sama. Karena Crème fraîche memiliki citarasa yang kurang tajam dan seringkali kurang kental dibandingkan dengan Sour Cream, dengan kandungan lemak yang jauh lebih tinggi sehingga rasanya lebih kaya.


Hal Ini membuatnya populer untuk topping makanan penutup seperti kue tart apel, sedangkan Sour Cream memiliki citarasa lebih asam untuk banyak palet lidah. Kekentalan dan rasa Sour Cream menjadikannya pilihan yang baik untuk hidangan yang sangat gurih seperti saus dan taco, tetapi juga dapat menambahkan kontras yang baik untuk aneka kue yang dipanggang seperti Pound Cake dengan sour cream. Dimana mengandung stabilisator, sehingga pound cake jadi lebih kokoh yang biasanya tidak dimiliki oleh crème fraîche.



Foto:Dok.StokFood/Getty Images

© 2019 yukmakan channel