• Novi Amaliyah

Mengenal Fungsi Bahan Dalam Pembuatan Bolu Gulung



Bolu Gulung dikenal juga dengan istilah Swiss roll, jelly roll, roll cake, atau roll tart. Cake ini termasuk dalam jenis bolu atau sponge cake yang digulung dengan berbagai variasi isi. Bentuk gulungan ini yang membuat bolu gulung menjadi istimewa.

Pada dasarnya membuat bolu gulung sama saja dengan membuat cake. Yang membedakan adalah adonan bolu dicetak tipis agar memudahkan ketika akan digulung. Komposisi bahan bolu gulung juga berbeda dengan cake.


Formulasi resep bolu gulung dibuat sedemikan rupa agar diperoleh bolu dengan tekstur lentur dan lembut sehingga mudah digulung.

Ada beberapa teknik dalam pembuatan bolu gulung, namun teknik sponge cake adalah yang paling populer dipakai. Teknik sponge cake ini terdiri dari bahan telur, gula dan gula yang dikocok hingga mengembang kemudian dimasukkan bahan kering seperti terpung terigu, maizena, susu bubuk ataupun cokelat bubuk.


Masing-masing bahan dalam pembuatan cake memiliki fungsi tersendiri. Bahan dasar untuk pembuatan cake terbagi dalam dua jenis. Bahan pertama adalah bahan yang membentuk kerangka susunan yaitu tepung terigu, telur dan bahan pengembang. Bahan kedua adalah gula, lemak, dan susu, bahan ini yang menjadikan tekstur cake empuk. Mengenal fungsi masing-masing bahan ini akan memudahkan untuk lebih memahami sifat-sifat bahan pada cake yang dibuat.


Sama halnya seperti cake, bolu gulung juga terbuat dari bahan yang sama seperti gula telur, tepung terigu dan margarine. Perbedaannya pada jumlah takaran yang dipakai. Berikut beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bolu gulung serta fungsinya


Gula

Dalam pembuatan bolu gulung sebaiknya gunakan gula halus, karena proses pengocokan bolu gulung tidak membutuhkan waktu yang lama. Penggunakan gula halus akan memudahkan gula larut dalam adonan.


Telur

Untuk mendapatkan tekstur bolu yang lentur sehingga mudah digulung. Gunakan jumlah kuning telur yang banyak untuk mendapatkan tektur bolu yang lembut dan lentur.


Tepung Terigu

Tepung terigu yang digunakan untuk membuat bolu gulung adalah tepung jenis protein sedang. Selain tepung terigu bisa digunakan juga tepung beras, namun hasilnya tidak akan selentur bolu gulung yang terbuat dari tepung terigu.


Lemak

Selain memberikan rasa gurih pada cake, lemak berfungsi menjadikan cake lebih empuk. Pembuatan bolu gulung membutuhkan jumlah lemak yang banyak agar memiliki tekstur yang empuk. Lemak yang digunakan bisa dalam bentuk butter, mentega, atau shortening dan minyak.


Pengemulsi

Beberapa resep bolu gulung menggunakan bahan pengemulsi, terutama yang dibuat menggunakan telur utuh. Salah satu fungsi pengemulsi adalah untuk membantu kelenturan bolu gulung.

© 2019 yukmakan channel