• Novi Amaliyah

Mengenal Fungsi dan Manfaat Berbagai Macam Rempah



Sejak lama rempah menjadi komoditas yang banyak dicari, bahkan karena rempah ini juga yang membuat bangsa Eropa melakukan berbagai ekspedisi dalam mencari rempah. Selain menghadirkan citarasa dan aroma yang khas pada makanan maupun minuman, rempah juga memiliki fungsi untuk kesehatan. Masing-masing rempah memiliki karekteristik dan manfaat kesehatannya sendiri. Yuk simak beberapa manfaat rempah-rempah berikut.


Kapulaga

Rempah satu ini memiliki manfaat untuk mengobati gangguan pencernaan seperti perut kembung. Kapulaga juga bermanfaat untuk mengobati kejang otot dan kejang pernapasan, sekaligus meringankan kram, asma, dan juga batuk rejan.


Biji Adas

Adas memiliki manfaat sebagai pendingin yang mampu menenangkan saraf dan meningkatkan kewaspadaan mental. Minyak atsiri yang ada dalam biji adas diketahui dapat memicu sekresi enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan. Ini juga membantu mengurangi perut kembung karena pembentukan gas yang berlebihan.


Saffron, rempah yang mampu merevitalisasi darah

Saffron

Dalam Ayurveda, saffron sebagai salah satu rempah termahal ini diyakini sebagai salah satu properti yang mampu merevitalisasi darah terbaik.


Tulsi (Holy Basil)

Daun yang merupakan satu family dalam keluarga daun kemangi ini banyak digunakan dalam masakan Thailand. Daun ini banyak digunakan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh dan antimikroba yang banyak digunakan dan membantu menjaga paru-paru dan sinus tetap bersih.


Jahe

Jahe bermanfaat mengatasi dalam membantu masalah pencernaan, meredekan mual, mengatur gula darah dan juga meningkatkan sirkulasi perifer.


Kayu Manis

Kayu manis mampu meningkatkan vitalitas, mengatasi hidung tersumbat, meredakan diare, meningkatkan system pencernaan dan mengurangi kejang perut.


Lada Hitam

Rempah satu ini banyak dimanfaatkan sebagai obat pencernaan yang memiliki fungsi menghangatkan, meningkatkan sirkulasi serta mengandung antioksidan dan mampu meredakan hidung tersumbat.


Mint

Daun mint bertindak sebagai obat penenang dan diuretik. Mint juga membantu masalah pernapasan selama musim dingin.


Serai

Rempah aromatik satu ini banyak digunakan dalam sajian Asia. Selain banyak dimanfaatkan dalam masakan, membantu meringankan kejang otot, dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan nyeri karena serai memiliki sifat sebagai penghilang nyeri.

© 2019 yukmakan channel