• Novi Amaliyah

Mengenal Manfaat Apel Untuk Diabetes



Bagi penderita diabetes sangat penting untuk memperhatikan dan selektif dengan asupan yang dikonsumsi. Terlebih untuk makanan yang mengandung karbohidrat, ini karena karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi gula. Asupan karbohidrat atau gula yang berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Karenanya konsumsi buah lebih dianjurkan bagi penderita diabetes. Namun untuk konsumsi buah, mereka juga perlu selektif.


Apel adalah salah satu buah yang baik bagi penderita diabetes. Selain kaya serat, buah apel juga mengandung pektin kimia berserat alami yang mampu mengurangi kadar glukosa darah hingga 50%. Dalam apel mentah juga ditemukan fungsi yang mampu mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan sebanyak 50%.


Ditemukan juga fakta yang menunjukkan, konsumsi buah apel secara teratur dapat mengurangi resistensi insulin yang mengarah pada penurunan tingkat gula darah. Hal ini dikarenakan polifenol dalam buah apel, terutama pada kulit apel mampu merangsang pancreas untuk melepaskan insulin dan membantu sel-sel dalam mengambil gula. Jadi sebaiknya, konsumsi buah apel bersama kulitnya. Pastikan untuk mencuci dengan bersih buah apel sebelum dikonsumi.


Manfaat lain adalah, apel kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan adalah zat yang mampu mencegah beberapa reaksi kimia berbahaya dalam tubuh. Zat ini memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk melindungi tubuh dari penyakit. Sejumlah antioksidan yang ditemukan dalam buah apel dapat mengobati diabetes diantaranya adalah. Quercetin, yang memiliki fungsi memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga membantu mencegah lonjakan gula darah. Asam Klorogenat, asam ini membantu tubuh dalam penggunaan gula secara lebih efisien. Phlorizin, yang memiliki kemampuan memperlambat penyerapan gula dan menurunkan kadar gula darah.

© 2019 yukmakan channel