• Novi Amaliyah

Mengenal Manju, Roti Kukus Kudapan Manis Khas Jepang



Dalam kuliner Tiongkok ada pao yang cukup populer dimana roti kukus dengan isian. Ba Pao adalah salah satunya, roti kukus dengan isian daging babi yang cukup terkenal selain isian daging babi ada juga isian daging ayam.

Sementara di Jepang ada Manju, kudapan satu ini adalah salah satu dari kudapan manis khas Jepang atau yang dikenal dengan wagashi. Manju adalah kue kukus berbentuk bulat yang biasanya diisi dengan isian kacang merah yang manis. Berbeda dengan mochi yang lebih populer, atau kue beras, yang kadang-kadang diisi dengan isian kacang merah manis, manju terbuat dari gandum, beras, atau jenis tepung lainnya dan memiliki konsistensi seperti kue dibandingkan dengan mochi yang kenyal dan lengket karena terbuat dari tepung ketan.

Isian manju tradisional terdiri dari isian kacang merah yang manis, yang dikenal dengan sebutan anko atau disebut juga tsubuan. Dimana berupa pasta kacang merah dengan tekstur kasar, atau koshian, untuk pasta kacang merah dengan tekstur halus. Namun, isian manju tidak terbatas pada pasta kacang merah yang manis bisa juga berisi filling yang terbuat dari krim, seperti vanila, cokelat, atau bahkan krim rasa seperti stroberi, mangga, blueberry, atau yuzu. Isi lain mungkin termasuk isian yang terbuat dari pasta kacang chestnut manis atau kacang putih.

Selain ada beberapa pilihan isian untuk manju, ada juga rasa berbeda yang tersedia untuk tampilan luar kue itulah manju terkadang juga berwarna-warni. Pilihan paling populer adalah kue rasa matcha atau teh hijau. Rasa lain mungkin bergantung pada wilayah Jepang tempat asal manju. Hampir setiap daerah di Jepang memiliki versi manju sendiri-sendiri.

© 2019 yukmakan channel