• Novi Amaliyah

Mengenal Mie Shirataki, Mie Sehat Rendah Kalori


Beberapa tahun belakangan mie shirataki atau mie konjak menjadi salah satu mie yang populer di Indonesia. Mie satu ini adalah mie bebas gluten dan menjadi salah satu mie rendah karbohidrat yang terbuat dari umbi konjak.


Tampilannya sekilas mirip dengan bihun dan hampir tembus pandang namun memiliki tekstur yang lebih kenyal hampir tidak memiliki rasa karenanya mie shirataki bisa menjadi salah satu mie serbaguna yang bisa dipadukan dengan berbagai bumbu dan makanan. Mie shirataki merupakanan makanan yang kaya serat dan mengenyangkan tanpa kandungan karbohidrat berat. Mie shirataki banyak dijadikan konsumsi mereka yang melakukan diet ketogenik atau keto, diet paleo, dan diet yang mengharuskan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan bebas gluten lainnya.


Mie shirataki terbuat dari umbi ubi konjak atau juga disebut ubi gajah karena beratnya bisa mencapai lebih dari 3 kg. Mie konjak telah menjadi makanan pokok di Jepang dan Cina selama berabad-abad. Umbi ini hanya mengandung sedikit karbohidrat yang dapat dicerna, dan sebagian besar karbohidrat yang ada di konjak berasal dari serat glukomanan. Untuk membuat mie dengan bahan ini, konjak dibuat menjadi tepung yang dicampur dengan air dan air jeruk nipis, yang merupakan larutan kalsium hidroksida yang membantu menyatukan adonan sehingga bisa diiris menjadi mie. Shirataki sendiri berarti air terjun putih dalam bahasa Jepang. Mi yang hampir bening ini tidak memiliki banyak rasa karena mengandung sekitar 97% air dan 3 persen serat glukomanan.


Nutrisi dan Manfaat

Ada banyak pendapat tentang manfaat kesehatan mie shirataki ini. Hal utama yang perlu diketahui adalah bahwa mie shirataki mengandung serat glukomanan, yaitu serat yang sangat kental. Ini berarti bahwa dengan setiap porsi mie rendah kalori dan bebas karbohidrat, sehingga mereka yang mengonsumsi mie shirataki mendapatkan serat larut dalam jumlah yang besar, serat diketahui dapat membantu pencernaan dan memberi energi pada tubuh.


Glukomanan juga disebut-sebut sebagai makanan kesehatan bagi usus, menjadikan mi ini sebagai salah satu cara yang enak untuk mereka yang ingin menambahkan lebih banyak probiotik ke dalam makanan.Mie shirataki juga rendah kalori, jadi kamu tetap bisa makan enak dan kenyang tanpa harus khawatir karena kelebihan kalori.



Foto-foto: Dok. Getty Images

© 2019 yukmakan channel