• Novi Amaliyah

Mengenal Mirepoix, Kunci Rahasia Masakan Untuk Meningkatkan Rasa dan Aroma


Mirepoix
Mirepoix

Mirepoix adalah elemen dasar masakan klasik yang menjadi kunci rasa dan aroma di banyak hidangan. Ada tiga elemen dasar untuk membuat Mirepoix yaitu wortel, seledri, bawang bombai, beberapa resep ada yang menambahkan daun bawang. Ketika digabungkan, ketiga bahan sederhana ini menciptakan bahan aromatik serta menambah citarasa yang khas. Mirepoix merupakan paduan yang serbaguna dan bisa digunakan pada kaldu, saus, sup dan makanan lainnya.


Mirepoix dibuat dengan memotong semua bahan-bahan mirepoix kemudian direbus untuk mendapatkan kaldu mirexoix yang bercitarasa kaya dan aromatik. Rasio membuat mirepoix tradisional terdiri dari dua bagian bawang, satu bagian wortel, dan satu bagian seledri, dengan proporsi yang ditentukan berdasarkan berat. Saat membuat kaldu mirepoix pastikan sayur dipotong seragam agar waktu memasaknya juga seragam. Semakin lembut sayuran untuk mirepoix dicincang, semakin cepat rasa dan aromanya dilepaskan ke dalam kaldu.


Mirepox juga digunakan pada olahan masakan Cajun yang menggunakan variasi pada mirepoix yang terdiri dari tiga bagian bawang bombay, dua bagian seledri, dan satu bagian paprika hijau yang menjadi kunci bahan dasar kenikmatan kuliner Cajun. Variasi lain dari Mirepoix ada sofrito Spanyol dan Italia atau suppengrün Jerman, yang menggunakan tomat, parsnip, daun bawang, akar seledri, adas, bawang merah, atau bawang putih sebagai bahan tambahannya. Penasaran untuk membuat sendiri di rumah.