• Novi Amaliyah

Mengenal Mortadella, Sosis Khas Italia Yang Populer


Pernah mendengar istilah Mortadella? Mortadella adalah irisan daging olahan dingin (cold cuts) khas Italia. Mortadella tidak hanya dijadikan tambahan untuk charcuterie board tapi juga lezat saat dipadukan sebagai isian sandwich, serta paduan untuk pasta dan masih banyak lagi.


Mortadella adalah sosis emulsi yang berasal dari Bologna, Italia. Mortadella terbuat dari daging babi yang diawetkan dengan setidaknya 15% potongan lemak daging babi yang dipotong kotak-kotak, kacang pistachio utuh atau cincang, kemudian dibumbui dengan lada hitam dan beri myrtle. Kandungan lemak ekstra inlah yang membuat mortadella memiliki bintik-bintik putih.


Di Italia, mortadella biasa disajikan sebagai hidangan pembuka bisa berupa potongan kubus yang tebal maupun irisan tipis. Potongan mortadella ini juga biasa disajikan dalam charcuterie board dengan daging, keju, buah, roti, dan bumbu lain seperti mustard. Mortadella nikmat dijadikan isian dalam sandwich atau panini panas, dan dapat menjadi tambahan yang tepat untuk hidangan pasta dengan paduan keju atau dimasukkan ke dalam ravioli atau tortellini. Beberapa resep bakso Italia juga menggunakan mortadella untuk menambah rasa gurih. Mortadella juga bisa digiling dan dicampur untuk membuat olesan yang lezat. Mortadella memiliki citarasa utama daging babi yang kaya dan berlemak, dengan aksen rempah-rempah dan kacang pistachio yang lembut saat dimasak. Mortadella memiliki tekstur yang lembut di mulut tidak seperti bologna.

Beda Mortadella dan Bologna

Perbedaan utama antara mortadella dan bologna adalah bagaimana masing-masing diproduksi. Dalam mortadella, kubus lemak memecah daging sedangkan pada Bologna lemak dan daging diemulsi menjadi satu campuran seragam. Tidak seperti mortadella, yang memiliki rasa babi yang kaya dan sedikit bumbu, bologna dapat menjadi hambar jika dibandingkan dan tidak memiliki tekstur halus mortadella (karena kurangnya potongan kubus lemak).


Ada dua jenis utama mortadella yaitu Mortadella dan Mortadella Bologna. Keduanya terlihat dan rasanya serupa, namun Mortadella Bologna berarti diproduksi di Emilia-Romagna Italia. Jika menemukan Mortadella Bologna, kemungkinan adalah jenis tambahan karena produsen terkadang menggunakan proporsi daging yang berbeda untuk lemak serta rempah-rempah yang berbeda.


Foto: Dok.Getty Images

© 2019 yukmakan channel