• Novi Amaliyah

Mengenal Truffle, Jamur Termahal Di Dunia


Truffle, jamur langka termahal di dunia satu ini adalah salah satu bahan makanan paling legendaris dan mewah dalam dunia kuliner. Tak hanya citarasa dan aromanya yang menjadikan sebuah hidangan jadi eksklusif dan menggugah selera hanya dengan sedikit tambahan truffle. Siapapun yang menyantap hidangan truffle akan mendapatkan pengalaman kuliner istimewa.


Menjadi jamur termahal di dunia ini merupakan jamur musiman yang biasanya digunakan dalam makanan mewah di hidangan seperti pasta, risotto dan bisa juga ditambahkan bersama keju segar. Truffle berasal dari keluarga jamur Tuberaceae yang dapat dikonsumsi dimana tumbuh di dalam tanah terutama di sekitar akar pohon di hutan lembab. Secara botani, truffle adalah spesies jamur dengan ukuran mulai dari sekecil kacang kenari hingga seukuran kepalan tangan. Karena tumbuh secara alami di sekitar akar pohon, untuk mendapatkan jamur ini tidaklah mudah. Pemburu truffle pernah menggunakan babi untuk menemukan dan menggali truffle liar. Saat ini, anjing yang terlatih khusus digunakan untuk membantu mencari jamur truffle, ini karena sebagian besar babi biasanya memakan truffle yang mereka temukan, sementara anjing dapat dilatih secara lebih khusus. Yang Membuat Truffle Mahal Truffle menjadi sangat mahal karena untuk rasa dan aromanya, truffle langka, sulit didapat, dan setelah dipanen, truffle akan dengan cepat kehilangan kesegarannya. Inilah yang membuat truffle menjadi salah satu bahan makanan yang paling mahal di dunia. Beberapa jenis truffle dapat mencapai harga hingga Rp 29 juta untuk berat 500 gram. Saat ini truffle dapat dibudidayakan dengan merode yang melibatkan inokulasi pohon-pohon muda dengan spora jamur truffle kemudian menanam pohon-pohon tersebut di kebun yang sudah disiapkan. Saat ini, hingga 80 persen truffle Prancis berasal dari kebun truffle.


Truffle dan Minyak Truffle Selain menambahkan parutan jamur truffle sebagai sentuhan dalam makanan mewah, Chef biasanya juga menggunakan minyak truffle untuk menambah aroma. Minyak truffle dibuat menggunakan minyak dengan salah satu senyawa rasa yang ditemukan dalam truffle. Faktanya minyak truffle tidak dibuat dengan truffle, bahkan dengan sedikit truffle di dalamnya. Rasa minyak truffle sangat berbeda dengan rasa truffle segar yang sebenarnya. Namun, minyak truffle adalah bahan beraroma truffle yang jauh lebih terjangkau daripada menggunakan jamur truffle yang sebenarnya. Jenis Truffle Ada 6 jenis truffle yang biasanya ditemui diantaranya ada truffle hitam yang juga dikenal sebagai truffle Perigord yang biasa ditemukan di bagian barat daya Prancis kemudian ada truffle putih, yang berasal dari wilayah Piedmont, Italia utara dimana termasuk salah satu truffle yang paling populer. Ada juga Truffle musim panas, atau truffle Burgundy, selain itu ada truffle lain yang dapat dimakan seperti truffle pinus, truffle keputihan, dan truffle bawang putih. Penasaran untuk mencoba, jamur termahal satu ini?


Foto: Dok.Getty Images