• Novi Amaliyah

Mengenal Worcestershire Sauce Alias Kecap Inggris


Kecap Inggris, kamu pasti sering menemukan bahan satu ini dalam resep-resep masakan. Sebenarnya kecap yang berasal dari Inggris ini sebenarnya dikenal sebagai saus Worcestershire. Saus yang berwarna gelap ini memang memiliki rasa yang berbeda dari kecap-kecap pada umumnya karena aromanya yang khas dan tajam, agak sedikit sulit untuk mengidentifikasi bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kecap satu ini.


Saus ini menjadi salah satu saus legendaris yang sudah dinikmati selama beberapa generasi, saus Worcestershire dikembangkan pada tahun 1835 oleh dua ahli kimia dari Worcester bernama Lea dan Perrins. Saus Worcestershire bisa dibilang sebagai salah satu bahan pokok dapur yang digunakan sebagai bumbu rendaman juga sebagai dan sebagai bumbu kondimen. Saus ini juga berfungsi sebagai bahan utama dalam campuran minuman cocktail bloody mary.


Ahli kimia John Lea dan William Perrins mengembangkan saus ini di Worcester, Inggris. Mereka bereksperimen dengan saus bumbu berbahan dasar cuka ditambah dengan bahan-bahan seperti anchovy, bawang putih, molasses, bawang bombai, garam, gula, air, ekstrak cabai rawit, cengkeh, perisa alami dan ekstrak asam jawa kemudian membiarkan bumbu yang rasanya tidak enak ini di ruang bawah tanah, ternyata saus yang mengalami fermentasi ini menghasilkan rasa yang kompleks dan unik. Cuka memberikan rasa tajam dan mengawetkan ponen lain dari saus Worcestershire. Anchovy memberikan rasa gurih umami. Bahan yang memberikan rasa unik dan konsistensi kekentalan pada saus Worcestershire adalah asam jawa.


Untuk menghasilkan saus yang menghasilkan rasa yang kompleks ini mereka mendiamkannya selama dua tahun, kemudian secara berkalau saus diaduk, kemudian disaring dan memisahkan padatan yang tercipta. Kemudian keduanya membotolkannya saus hasil eksperimen mereka dengan merk Lea & Perrins Worcestershire Sauce menyebar ke seluruh Eropa, ke Amerika, dan di seluruh dunia. Kepopuleran saus Worcestershire yang begitu mendunia saat ini diproduksi oleh banyak pengecer komersial yang berbeda, serta di bawah label asli Lea & Perrins.


Saus Worcestershire dapat digunakan dengan berbagai masakan atau sebagai bumbu kodimen. Saus ini sering digunakan sebagai bahan dalam marinade atau dioleskan ke daging, ikan, atau unggas saat dipanggang, digoreng, atau dipanggang, untuk mengukus, memanggang, atau menumis sayuran. Saus Worcestershire juga dapat digunakan sebagai bumbu pada sandwich dan kerang, atau bumbu untuk salad, sup dan semur untuk bumbu dan menambah rasa.



Foto-foto: Dok.Getty Images