• Novi Amaliyah

Mengulik Sejarah Kepopuleran Saus Sriracha



Untuk kamu pecinta sajian pedas pasti sering mendengar saus sriracha. Saus serbaguna satu ini terbuat dari cabai merah, bawang putih, cuka, garam dan gula. Saus bercitarasa paduan pedas, manis dengan aroma yang tajam ini bisa ditambahkan untuk masakan maupun cocolan berbagai makanan.


Saus ini muncul pertama kali di tahun 1980-an dan seketika menjadi terkenal di dunia kuliner, khususnya pecinta makanan pedas. Di Amerika Serikat saus satu ini cukup populer dan sering disajikan sebagai bumbu di restoran Thailand, Vietnam, dan Cina di seluruh Amerika Serikat.

Ada beberapa perdebatan tentang asal usul saus yang cukup populer di Amerika Serikat ini. Salah satu merek yang paling populer adalah saus produksi Huy Fong Foods di Amerika Serikat, yang dimiliki oleh seorang imigran Vietnam. Saus pedas ini diberi nama dari sebuah nama kota kecil di Thailand, yaitu Sri Racha.


Sejarah Sriracha

Pada awal 1980-an, David Tran berimigrasi ke Amerika Serikat dari Vietnam dan menetap di Los Angeles. Karena tidak dapat menemukan saus pedas yang disukainya, Tran kemudian mulai membuatnya sendiri. Tran mulai menjual saus dari bagian belakang vannya, dan seiring popularitas saus itu meningkat, Huy Fong Foods lahir. Perusahaan berkembang pesat, dan lebih dari 10 juta botol Huy Fong Foods Sriracha Sauce terjual setiap tahun.

Karena kepopuleran saus sriracha Huy Fong Foods, saat ada banyak saus sriracha dari berbagai produsen. Saus ini bisa dikonsumsi langsung sebagai saus cocolan, ditambahkan untuk sup, ramen, tambahan sebagai bumbu rendaman, saus BBQ hingga untuk minuman cocktail.


Foto.Dok. Cook Illustrated