• Novi Amaliyah

Menurunkan Berat Badan Aman Dengan Virgin Coconut Oil (VCO)


Virgin Coconut Oil (VCO) dikenal sebagai salah satu minyak yang memiliki banyak kandungan alami dan bermanfaat bagi tubuh. Beberapa tahun belakangan VCO juga menjadi salah satu primadona dalam perawatan tubuh dan kecantikan.


Selain itu VCO juga dipercaya memiliki kandungan medium-chain triglycerides (MCT) yang dipercaya dapat memicu terciptanya kolesterol baik sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu VCO juga dipercaya memiliki manfaat untuk melancarkan kerja sistem pencernaan dengan membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium.


Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan MCT dalam VCO benar-benar mampu mempromosikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya dengan meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.


VCO juga telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Dengan kata lain, tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak untuk memanfaatkannya menjadi energi. Keton, sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak, yang diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.


Selain itu, VCO juga sangat efektif mengurangi lemak perut, yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis. Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari mengikat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Karenanya konsumsi VCO dalam jangka panjang mampu membantu penurunan berat badan secara dramatis.


Proses Pembuatan VCO

Pada dasarnya, cara pembuatan VCO tak berbeda jauh dengan cara pembuatan minyak kelapa sawit, minyak sayur yang berasal dari kelapa sawit, yaitu dengan memeras atau mengekstraksi buah kelapa untuk mendapatkan tetesan minyak yang dihasilkan.

Perbedaannya pada produk VCO adalah metode ekstraksi yang digunakan. Dimana proses untuk mendapatkan VCO menggunakan teknik cold-pressed sehingga tanpa melewati proses pemanasan sama sekali.


Karena proses pemanasan dipercaya dapat merusak kandungan alami terbaik dari minyak kelapa. Dengan proses produksi yang menggunakan teknik cold-pressed ini akan menghasilkan varian terbaik dari minyak kelapa untuk mendapatkan manfaat terbaik dari VCO bagi kesehatan. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua VCO dibuat dengan menggunakan teknik ini. Jadi sebaiknya saat membeli, pastikan jika terdapat label cold-pressed.


Foto.Dok.Pixabay