• Novi Amaliyah

Menyimpan Bawang Putih Agar Tetap Segar



Bawang putih, bumbu satu ini adalah salah satu bumbu yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia maupun masakkan Western. Karena sering digunakan ibu-ibu biasanya membeli bawang putih lebih banyak dibandingkan dengan bumbu-bumbu lainnya.

Membeli bawang putih maupun bumbu dalam jumlah banyak rentan menjadi busuk jika tidak disimpan dengan baik. Sebelum membeli bawang putih dalam jumlah yang banyak sebaiknya pahami dengan seksama bagaimana menyimpan bawang putih dengan benar agar tekstur dan rasanya tetap terjaga dengan baik saat digunakan. Yuk, simak langkah praktis menyimpan bawang putih dengan benar agar tahan lebih lama.


1. Meski bisa disimpan di freezer, suhu dingin bisa merusak rasa dan tekstur bawang putih.

2. Bawang putih paling baik disimpan di tempat yang sejuk dan kering, simpan bawang putih dalam wadah keranjang jala atau mangkuk yang memiliki lubang ventilasi

3. Jauhkan bawang putih dari sinar matahari langsung dan kelembaban. Simpan bawang putih di dalam area dapur yang gelap dan cukup sejuk untuk mencegah tumbuhnya tunas.

4. Jika disimpan dengan benar umbi bawang putih utuh bisa disimpan hingga 8 minggu. Sedangkan suing bawang putih bisa bertahan selama 3 – 10 hari.

5. Cara lain juga bisa menyimpan bawang putih ke dalam cuka anggur putih sebagai acar bawang putih.

6. Bisa juga mengeringkan bawang putih dengan memanggangnya menggunakan oven atau food dryer. Bawang putih kering, akan menyerap air dan memberikan rasa yang tetap lezat pada masakan.

© 2019 yukmakan channel