top of page
  • Novi Amaliyah

Mock Duck Hainanese Mix Grain Rice


Resep dibuat oleh: Norman Ismail


Bahan:

1 lbr Kulit Kembang Tahu

170 gr Zuchinni, potong julienne

100 gr Wortel, potong julienne

100 gr Kol Ungu, rajang halus

100 gr Jamur Shitake rebus, potong julienne

150 gr Bayam, rebus kemudian peras, iris-iris

13 gr Jahe, kupas kemudian cincang

10 gr Bawang, cincang


Hainanese Rice

300 gr Mix grain rice, rendam minimal 2 jam sebelum dimasak

5 gr Mushroom & Vegetable Seasoning

3 gr Garam

1 lbr Daun Pandan

10 gr Jahe, kupas kemudian parut

15 gr Bawang Putih, haluskan

15 gr Minyak Bawang

550 ml Air


Saus

3 gr Mushroom & Vegetable Seasoning

250 ml Air Rebusan Jamur Shitake

15 gr Saus Tiram

15 gr Gula Pasir

20 gr Kecap Manis

4 gr Minyak Wijen

5 gr Dark Soy Sauce


Cara membuat

  1. Panaskan minyak dalam wajan, tumis jahe hingga wangi kemudian campurkan wortel, jamur, shitake, dan sayuran lainnya. Masak selama 2 menit, kemudian tambahkan bumbu Mushroom&Vegetable Seasoning. Lalu angkat dan sisihkan

  2. Buat Saus Mock Duck dari campuran air rebusan jamur shitake dengan saus tiram, Mushroom&Vegetable Seasoning, gula, kecap manis, minyak wijen dan dark soy sauce, aduk rata. Sisihkan.

  3. Siapkan 2 lembar kulit kembang tahu bertumpuk, oleskan saus tiram ke seluruh permukaan kulit kembang tahu dengan menggunakan kuas.

  4. Tempatkan tumisan sayuran di atas kembang tahu kemudian lipat dan gulung seperti melipat risoles. Kemudian kukus selama 12 menit, angkat dan sisihkan.

  5. Panaskan minyak dalam wajan bersih, goreng sebentar hingga warnanya berubah kecoklatan. Masukkan ke dalam campuran saus, rebus kedua sisinya 2-3 menit tanpa ditutup. Setelah saus berkurang dan mengental, angkat mock duck.

  6. Buat Nasi Hainanese dengan menumis jahe dan bawang putih hingga harum, sesekali tambahkan air agar tidak gosong. Tambahkan daun pandan kemudian mix grain rice yang sudah direndam dan disaring. Aduk rata, hingga air berkurang, masukkan Mushroom&Vegetable Seasoning, aduk rata lalu sisihkan. Kukus langsung dalam steamer hingga matang selama kurang lebih 25 menit. Sajikan Mock Duck dengan Hainanese Mix Grain.

bottom of page