• Novi Amaliyah

Nasi Biryani, Sajian Khas India Kaya Rempah Yang Nikmat


Nasi Biryani, sajian nasi kaya rempah khas India ini sangat populer. Untuk membuat sajian nikmat satu ini juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan jam terbang untuk menciptakan nasi biryani yang nikmat dan sedap.

Nasi biryani dimasak menggunakan beras berbutir panjang khusus seperti basmati yang kemudian dipadukan dengan berbagai aneka bumbu dan rempah seperti saffron, kemudian sayuran tak ketinggalan potongan daging sebagai paduan.


Daging yang digunakan sebagai paduan bisa daging domba, ayam maupun ikan. Nasi biryani dimasak dengan api kecil agar semua bumbu dan rempah meresap sempurna, sajian ini biasa disiapkan sebagai sajian untuk acara khusus. Di Indonesia, nasi biryani dibuat dengan modifikasi karena menggunakan kunyit untuk memberikan warna kuning pada nasi dibandingkan menggunakan saffron yang harganya mahal serta aroma yang kurang familiar bagi orang Indonesia.


Ada banyak perdebatan tentang bagaimana sajian ini tercipta, tetapi sebagian besar setuju bahwa asalnya dimulai di Persia sebagai hidangan nasi dan daging pedesaan dan kemudian dibawa ke India. Berbagai resep biryani kemudian lahir, terutama di mana terdapat pengaruh kuliner dari makanan Muslim, khususnya di kota Hyderabad di India selatan, tetapi juga di sepanjang pantai selatan. Banyak sekali variasi Biryani bergantung pada di mana nasi biryani dibuat. Beberapa perbedaan tidak begitu terlihat, sementara varian yang lain dibedakan dengan bahan tambahan atau pengganti.


Komponen Dalam Biryani

Komponen utama nasi biryani yang utama adalah ini nasi, daging, bumbu perendam, dan bumbu masak. Nasi basmati memang lazim digunakan untuk membuat nasi biryani, tetapi jenis lain seperti seeraga samba dan jeerakasala juga bisa digunakan. Sementara untuk paduan proteinnya, tergantung dari mana biryani berasal. Daerah pesisir, misalnya, akan menggunakan ikan dan udang, sedangkan daerah pedalaman biasanya menggunakan daging ayam, kambing, domba, kerbau dan sapi daging sapi.


Daging biasanya direndam sebelum dimasak, dan bumbu yang paling umum digunakan dengan bumbu yogurt karena asam dalam yogurt membantu melunakkan daging. Lapisan bumbu inilah yang memberi biryani rasa yang kompleks, kemudian rempah-rempah ditambahkan bisa utuh atau digiling, campuran rempah-rempah (seperti garam masala). Herbs dan biji-bijian juga ditambahkan menjadi bagian dari hidangan, yang sering diberi taburan bawang karamel, buah kering atau segar, kacang-kacangan, dan fresh herbs.