• Maria Yuliana Kusrini

Nasi Liwet Solo

Bahan:

800 gr Beras

800 gr Ayam Kampung, potong menjadi 6

1.800 cc Santan Cair

400 cc Santan Kental

4 bh Bawang Merah, iris tipis

3 btr Telur

15 lmbr Daun Salam

3 sdt Garam

Cara Membuat:

1. Rendam beras selama 1 jam kemudian cuci dan tiriskan. Kukus selama 20 menit hingga setengah matang, Angkat dan pindahkan ke dalam panci. Tuangkan 800 cc santan cair, bubuhkan garam dan 5 lembar daun salam. Masak hingga santan habis dan angkat. Kukus dalam dandang hingga nasi matang.

2. Ambil 1.000 cc santan cair, gunakan untuk merebus ayam. Masukkan 5 lembar daun salam, 1 sdt garam, dan bawang merah iris. Masak ayam hingga empuk dan matang. Angkat dan suwir-suwir.

3. Untuk membuat areh, masak santan kental bersama 3 lembar daun salam dan 1 sdt garam. Kecilkan api, teruskan memasak hingga pati santan mengental dan naik ke permukaan, terpisah dari santan beningnya. Sisihkan santan yang mengental itu.

4. Untuk membuat telur kukus, kocok telur bersama dengan 3 sdm santan kental dan garam. Kukus dalam wadah selama 20 menit. Angkat dan potong telur kukusnya sesuai selera.

5. Sajikan nasi bersama dengan suwiran ayam, telur kukus, dan siram dengan areh di bagian atas ayam dan telur kukus. Nikmati nasi liwet dengan tambahan lauk lainnya seperti telur rebus, tempe bacem, karak, dan sayur labu siam.



© 2019 yukmakan channel