• Novi Amaliyah

Ngemil Lebih Sehat, Coba Rumput Laut Kering. Ini 7 Manfaat Kesehatannya


nori
Ganti camilan lebih sehat dengan nori

Rumput laut kering adalah makanan pokok di banyak makanan Asia, seperti pada sushi maupun kimbab. Banyak yang masih bertanya apakah rumput laut kering cukup sehat untuk dijadikan camilan. Apakah rumput laut kering mengandung nutrisi yang sama. Faktanya rumput laut dengan berbagai cara pengolahan punya banyak kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. Seperti kita ketahui dalam praktik orang Jepang olahan rumput laut sudah menjadi konsumsi harian yang tidak bisa dipisahkan.

Untuk kamu yang suka ngemil, kamu bisa mencoba mengganti camilanmu dengan rumput kering yang kini mudah ditemukan di supermarket. Rumput kering dengan berbagai paduan bumbu bisa dijadikan pilihan. Berikut 7 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsu rumput kering sebagai camilan seperti dilansir


Kaya Nutrisi

Rumput laut kering sarat dengan nutrisi karena mengandung sejumlah mineral yang kaya, yang paling mencolok adalah kalsium, yodium, tembaga, dan besi. Rumput laut juga kaya akan protein, serat, dan vitamin, terutama vitamin K dan asam folat sementara rendah kalori dan lemak.

Membantu Penderita Diabetes

Varietas makanan kaya serat dapat membantu diabetes. Ini karena kadar serat yang tinggi membantu mengelola kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut kering ke dalam rutinitas asupan makan sehari-hari dapat membantu meningkatkan konsumsi serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar. Senyawa dalam rumput laut kering juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan pengaruh insulin. Namun, pemeriksaan lebih lanjut pada orang dapat membantu memberikan bukti yang lebih kuat untuk penggunaan senyawa ini.


Memperpanjang Harapan Hidup

Karena profil nutrisinya yang luar biasa, rumput laut kering bermanfaat untuk kesehatan dan dianggap membantu tubuh melawan penyakit dan penyakit. Orang Jepang memiliki salah satu angka harapan hidup terbesar di dunia, dan satu kecenderungan diet yang besar adalah mengonsumsi rutin rumput laut kering. Rumput laut kering mengandung molekul yang dikenal sebagai fucoidans, yang dianggap bertanggung jawab atas manfaat medis yang luar biasa ini, berkontribusi pada harapan hidup yang lebih lama dan sistem kekebalan tubuh yang sehat serta kapasitas kardiovaskular.


Mengontrol Nafsu Makan

Rumput laut kering dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Ini rendah lemak namun sarat dengan serat larut, yang membantu mengendalikan kadar gula darah. Serat dapat membantu merasa kenyang dengan kalori yang tidak terlalu banyak.


Melindungi Hati

Sebagai catatan laporan serupa, sumber makanan berserat tinggi, misalnya, rumput laut kering juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untaian pelarut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh. Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan komponen-komponen ini, yang dapat menyebabkan penurunan kolesterol total hingga 18 persen. Berbagai jenis rumput laut juga memiliki tingkat yang signifikan dari agen pencegahan kanker, yang juga dapat menjaga kesehatan jantung setelah beberapa waktu.


Alternatif Sehat untuk Camilan

Karena rumput laut kering menjadi lebih populer di banyak negara, rumput laut kering hadir dalam bentuk baru, seperti rumput laut yang renyah dan minyak alga. Camilan rumput laut, mirip dengan makanan olahan apa pun, bisa tinggi natrium dan zat adiktif, namun bisa menjadi pengganti keripik dan kandungan garam yang lebih bersahabat. Minyak alga bisa menjadi pilihan yang layak untuk minyak ikan bagi individu yang tidak mengonsumsi produk hewani (atau hanya tidak menyukai rasanya). Seperti minyak ikan, minyak alga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.


Mendukung Kesehatan Usus

Mikroba dalam saluran pencernaan berperan penting dalam memecah makanan dan mendukung penyerapan dan kesehatan secara keseluruhan. Rumput laut mungkin merupakan nutrisi optimal untuk usus. Penulis investigasi dalam Journal of Applied Phycology melaporkan bahwa rumput laut pada umumnya mengandung serat yang tinggi, yang dapat mencapai 23 hingga 64 persen dari berat kering rumput laut. Serat ini dapat membantu merawat mikroorganisme usus. Mikroba usus memecah serat menjadi senyawa yang selanjutnya mengembangkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Menambahkan rumput laut kering ke dalam rutinitas makan mungkin merupakan metode langsung untuk melengkapi tubuh dengan banyak serat prebiotik yang menyehatkan usus, yang dengan demikian dapat membantu mengatasi masalah seperti diare atau sembelit.