© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Nougat, Kudapan Manis Khas Prancis Mirip Ting Ting Kacang


Kudapan manis yang terbuat dari susu, putih telur, gula atau madu, dan potongan kacang-kacangan panggang ini merupakan salah satu yang identik dengan Perancis. Kudapan manis satu ini merupakan salah satu kudapan manis klasik yang sudah ada sejak abad ke-15 yang termasuk dalam keluarga permen.


Meski identik dengan Perancis, ternyata nougat pertama kali ditemukan di  Cologna Veneta, Italia dalam bentuk yang populer white nougat yang terbuat dari putih telur dan madu. Nougat berasal dari kata Occitan pan nogat yang berasal dari bahasa latin panis nucatus atau yang berarti roti kacang.


Banyak cerita tentang asal muasal nougat. Resep awal nougat putih, disinyalir berasal dari Asia Tengah, ditemukan dalam sebuah buku Timur Tengah di Baghdad pada abad ke-10. Nougat itu disebut nāṭif. Salah satu resep ini menunjukkan bahwa nāṭif berasal dari Harran, sebuah kota yang terletak di antara Urfa sekarang di Turki tenggara dan Aleppo, Suriah. Sebutan nāṭif ditemukan dalam segitiga antara Urfa, Aleppo, dan Baghdad. Pada akhir abad ke-10, pengelana dan ahli geografi Ibn Hawqal menulis bahwa ia memakan beberapa nāṭif di Manbij di Suriah modern dan Bukhara di Uzbekistan modern.


Pada dasarnya ada tiga jenis nougat, yang pertama dan paling populer adalah white nougat. Kemudian ada brown nougat yang sekilas mirip dengan ting ting kacang dimana terbuat dari paduan gula jawa dan kacang panggang. Brown nougat sendiri terbuat gula atau madu serta kacang-kacangan dengan tekstur lebih keras dan crunchy . Ketiga adalah Viennese atau German nougat yang merupakan paduan cokelat dan kacang atau yang biasa dikenal dengan hazelnut praline dimana banyak diaplikasikan untuk berbagai kudapan manis.