• Novi Amaliyah

Onde Onde



Bahan Biang


60 ml Air Mendidih

1 sdm Tepung Kanji


Bahan Kulit

350 gr Tepung Ketan

50 gr Gula Halus

230 ml Air

½ sdt Garam Halus

60 gr Biji Wijen

Minyak untuk menggoreng


Bahan Isi

250 gr Kacang Hijau

150 gr Gula Halus

100 ml Santan Kental

1 lbr Daun Pandan, potong-potong

¼ sdt Garam Halus

½ sdt Pasta/Bubuk vanili


Cara membuat

1. Rendam kacang hijau selama 3 jam. Kukus selama 50 menit atau hingga empuk. Angkat, haluskan.

2. Campur kacang hijau yang telah dihaluskan dengan santan, gula halus, garam dan pasta/bubuk vanili. Aduk rata. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk. Angkat, dinginkan. Ambil satu sendok makan adonan. Bentuk menjadi bulatan-bulatan. Sisihkan.

3. Buat adonan biang dengan menuang air panas sedikit demi sedikit ke dalam tepung kanji, sambil diaduk-aduk hingga tepung larut dan tekstur mengental. Sisihkan.

4. Buat adonan kulit dengan merebus air dengan gula dan garam. Masak hingga mendidih. Tuang air rebusan gula panas ke dalam tepung ketan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan adonan biang. Uleni hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk.

5. Ambil dua sendok makanan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan, isi dengan adonan isi pada bagian tengah kulit. Bulatkan.

6. Gulingkan adonan yang telah dibentuk ke atas wijen. Tekan-tekan agar wijen menempel di seluruh permukaan adonan.

7. Panaskan minyak yang banyak. Goreng onde-onde hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Goreng onde-onde sambil digoyang-goyang agar bentuknya bulat dan matang merata.

© 2019 yukmakan channel