© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Onigiri, Nasi Kepal Persembahan Dewa Hingga Bekal Samurai



Kuliner Jepang dikenal dengan kuliner dengan bumbu minimalis yang mengangkat kesegaran bahan baku yang digunakan. Kamu pasti sudah pernah mencicipi Onigiri, nasi kepal khas Jepang dengan isian. Meski dengan bumbu minimalis, sajian satu ini tetap nikmat.

Menurut cerita Onigiri terinspirasi dari mochi beras yang dikukus kemudian dikepal dan dipadatkan, konon sajian ini ditemukan sejak abad 1 SM. Dahulu Onigiri dijadikan bekal bagi para prajurit dan samurai jaman perang antar klan di Jepang. Para samurai meniyimpan bola nasi yang dibungkus dengan selubung bambu sebagai bekal makan siang yang praktis dan cepat selama perang.


Selain Onigiri dikenal juga Omusubi, keduanya merupakan jenis makanan berupa nasi yang kemudian dikepal dan dipadatkan dengan tangan. Ada cerita yang menjelaskan asal muasal sajian ini tercipta, konon ada sebuah legenda para dewa di Jepang yakni dewa Takamimusubi dan Kamimusubi. Diceritakan bahwa orang Jepang pada zaman dahulu mendewakan gunung dan mereka memakan nasi yang dikepal menjadi bentuk gunung dengan harapan mereka akan diberkahi oleh kekuatan sang dewa.


Penjelasan lain menyebutkan, pada Zaman Heian para bangsawan menyebut nasi kepal ini dengan sebutan omusubi, sedangkan rakyat biasa menyebutnya dengan onigiri. Selain itu, ada juga penjelasan yang menyebutkan bahwa dalam kata onigiri mengandung makna memotong iblis atau membuang aura jahat/kemalangan sedangkan dalam kata omusubi terkandung makna menghubungkan takdir atau membangun pertemuan/hubungan kemanusiaan yang baik.


Pada periode Kamakura hingga periode Edo awal, onigiri dikonsumsi sebagai makanan cepat saji. Pada saat itu Onigiri ini hanya bola nasi yang dibumbui dengan garam. Nori tidak tersedia secara luas hingga era Genroku di pertengahan Edo, ketika pertanian nori dan pembuatannya menjadi lembaran tersebar luas di Jepang. Onigiri pun berevolusi dengan orang-orang menambahkan topping maupun isian seperti ikan salmon, ikan tuna, rumput laut (kombu), hingga telur ikan dan masih banyak lainnya. Onigiri punya banyak sebutan tergantung pada daerah maupun toko. Biasanya bagian luar Onigiri diberi lapisan nori.