• Maria Yuliana Kusrini

Ovomaltine Cheese Cake


Bahan:

450 gr Biskuit Regal, haluskan

225 gr Butter, cairkan

250 gr Ovomaltine

Mentega secukupnya

Bahan Cream Cheese:

700 gr Whipping Cream

500 gr Cream Cheese

200 gr Telur

110 gr Gula Pasir

5 sdt Air Perasan Lemon

2 sdt Parutan kulit Lemon

2 sdt Vanila Bubuk

Cara Membuat:

1. Campurkan butter yang telah dicairkan ke dalam bubuk regal. Remas-remas hingga semuanya tercampur rata.

2. Siapkan loyang yang telah dilumuri mentega dan lapisi dengan kertas krep. Tuang remahan biskuit yang telah dicampur butter ke dalam cetakan dan tekan-tekan hingga padat. Beri sedikit cekungan di bagian tengahnya, sisihkan.

3. Untuk membuat cream cheese, kocok cream cheese dan gula pasir sampai tercampur rata. Kemudian masukkan secara bertahap bahan-bahan lainnya, yakni whipping cream, telur, perasan lemon, parutan kulit lemon, dan vanilla bubuk hingga membentuk tekstur yang lembut dan sedikit kental.

4. Tuangkan adonan cream cheese ke dalam cetakan yang sudah diisi dengan adonan biskuit tadi. Ratakan permukaan adonan dan pastikan adonan rapat di bagian bawahnya. Caranya dengan membanting perlahan loyang untuk memastikan tak ada ruang kosong di bagian tengah ataupun bawah.

5. Panggang adonan dengan panas 180°-190°C dalam oven selama sekitar 30 menit. Atau bagi yang tidak punya oven, dapat mengukusnya dengan api kecil hingga sedang selama 25 menit.

6. Setelah matang, keluarkan cakenya dari oven. Diamkan sejenak hingga loyang dingin agar adonan tidak pecah dan rusak ketika dikeluarkan dari loyang.

7. Olesin bagian atas cake menggunakan ovomaltine hingga bagian atas cake tertutup sempurna. Hias cake dengan berbagai topping sesuai kreasi masing-masing.

8. Cake siap untuk disajikan dan dinikmati.

© 2019 yukmakan channel