• Maria Yuliana Kusrini

Pala di Berbagai Sajian Indonesia



Indonesia memang sangat terkenal akan rempah yang dimiliki. Tanah yang subur menjadikan berbagai macam tanaman rempah dapat tumbuh subur di Indonesia. Mulai dari cengkeh, kayu manis, pala, merica, dan masih banyak lainnya. Berbagai macam rempah itu pun tak pernah absen untuk digunakan sebagai bumbu penambah citarasa dalam berbagai masakan.


Begitu pun dengan pala yang terbukti punya banyak manfaat, mulai dari daging buahnya, biji pala utuh, hingga biji pala kering yang dijadikan bubuk. Pala juga punya peranan penting untuk membumbui masakan sehingga menciptakan rasa yang khas. Dan berikut ini ragam sajian atau masakan yang menggunakan pala.



1. Sop Buntut

Masakan berkuah dan berbahan dasar buntut sapi ini ternyata harus menggunakan pala sebagai bumbu lho. Aroma pala yang khas pada sop buntut pun sukses menciptakan aroma lezat nan menggugah selera. Tidak hanya sop buntut saja yang wajib menggunakan pala, aneka olahan buntut lainnya ternyata harus menyertakan pala sebagai bumbu wajibnya. Hal itu karena aroma pala bisa menutupi aroma buntut yang cenderung bau.


2. Soto Betawi

Soto khas Jakarta ini menjadikan daging sapi dan aneka jerohan sebagai bahan utamanya. Untuk menutupi aroma anyir dari daging dan jerohan itu, maka bumbu rempah wajib digunakan, salah satunya pala. Penggunaan pala dalam soto betawi ini pun semakin membuat si soto menjadi harum dan bercitarasa lezat.




3. Aneka Olahan Daging lainnya

Beragam olahan daging, baik itu sapi, kambing, kerbanu, hingga babi umumnya menggunakan pala sebagai salah satu bumbu wajibnya. Olahan daging yang dimasak itu biasanya berkuah bening ataupun kuah santan. Penggunaan pala sebagai salah satu bumbunya memang terbukti mampu mengurangi aroma kurang enak dari si daging dan menciptakan aroma masakan yang wangi dan membuat lapar.


4. Manisan Pala

Tak hanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak, pala juga bisa dikonsumsi sendiri. Pala juga bisa dibuat menjadi manisan. Bagian yang digunakan adalah daging buahnya yang dicampur dengan gula dan bahan lainnya. Meski sudah diolah menjadi manisan, namun aroma dan rasa khas pala tetap begitu mendominasi.


5. Es Pala

Es Pala dikenal sebagai minuman khas Bogor. Tak heran, jika mengunjungi atau kulineran di Bogor akan dengan mudahnya menemukan minuman es pala. Minuman ini memadukan daging buah pala, gula, garam, air, dan es batu. Rasanya sungguh segar dan cocok disandingkan dengan berbagai makanan.


6. Jus Pala

Jenis minuman lain yang menjadikan pala sebagai bahan utamanya, adalah jus pala. Hampir sama dengan jus buah lainnya, jus pala juga enak dan menyegarkan. Daging buah pala diblender bersama dengan gula dan bahan lainnya kemudian disajikan dalam keadaan dingin.


7. Sirup Pala

Buah pala juga bisa diolah menjadi sirup. Untuk menghasilkan sirup, caranya dengan mengekstrak daging buah pala tanpa menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia lainnya. Ekstrak itu kemudian dicampur dengan gula sehingga menjadi sirup pala.


8. Aneka Kue

Selain dapat dijadikan bumbu penyedap pada masakan, pala juga dapat memberi aroma pada kue. Aroma pala nan khas pun akan berpadu sempurna dengan aneka roti, layaknya rempah lain seperti kayu manis ataupun cengkeh.