• Novi Amaliyah

Panettone dan Pandoro, Cake Natal Khas Italia



Di Indonesia perayaan Natal identik dengan aneka kue kering seperti Nastar dan Kaastengels dan beragam kudapan manis di meja tamu untuk menyambut suka cita perayaan Natal. Ada banyak sajian maupun kudapan manis khas Natal dari berbagai Negara, salah satunya Italia.


Italia memiliki banyak kudapan manis khas Natal yang beragam, mulai dari kue sederhana hingga puding dan kue yang luar biasa rumit. Sebagian besar kue-kue ini bersifat regional, masing-masing daerah punya kue khas sendiri. Seperti Napoli memiliki struffoli, bola adonan goreng yang dicelupkan ke dalam madu dan dihiasi dengan taburan permen, Siena memiliki panforte, kue buah abad pertengahan yang dibuat dengan madu, wilayah Abruzzo memiliki caggionetti, ravioli goreng yang diisi dengan kacang chestnut dan cokelat.


Tetapi Pandoro dan Panettone, kue Natal dari Verona dan Milano, menjadi sangat populer di seluruh Italia hingga internasional karena keduanya merupakan jenis kue yang punya masa simpan cukup lama dan dapat diproduksi dalam skala inustri. Karena itu, toko kue di hampir semua daerah di Italia membuat panettone selain makanan khas lokalnya.



Panettone sendiri mirip dengan roti namun memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Secara tradisional panettone dibuat dengan adonan biang untuk mendapatkan terkstur lembut dan ringan, kemudian adonan diberi paduan manisan buah kering seperti kismis dan kulit jeruk yang menjadi salah satu aroma yang khas dari panettone di dalam adonan. Selain panettone klasik, saat ini ada banyak variasi yang dibuat, seperti dengan menambahkan frosting dan irisan almond di atasnya, kepingan cokelat sebagai pengganti manisan buah, custard atau isian krim lemon, frosting cokelat dan isian krim jeruk.


Sementara Pandoro, merupakan kue ringan dan lembut berasal dari Verona yang dibuat menggunakan banyak butter dan dipanggang dalam loyang berbentuk bintang berujung 8, umumnya hanya ditaburi gula bubuk, tetapi belakangan ini juga hadir dengan berbagai paduan isian rasa yang berbeda.


Beberapa varian dibuat untuk mengakomodasi preferensi orang, misalnya panettone tanpa manisan buah untuk mereka yang tidak menyukainya, tetapi paduan buah kering yang melimpah serta manisan kulit jeruk yang khas dalam panettone akan memberikan tekstur serta aroma yang kaya dan lebih nikmat. Penasaran untuk mencoba?.