• Novi Amaliyah

Paprika, Beda Warna Beda Nutrisinya



Paprika, sayur satu ini ternyata masuk dalam keluarga terong-terongan atau Solanaceae. Paprika ada yang berwarna hijau, kuning dan merah, rasanya manis, sedikit pahit dengan aroma sedikit pedas. Biasanya ketiga macam paprika dijadikan paduan untuk salad maupun masakan, aroma yang khas memang memberikan citarasa dan aroma masakkan jadi lebih istimewa.


Tapi tahukah kamu ternyata beda warna paprika beda pula kandungan nutrisi serta citarasanya. Setelah mengetahui kandungan vitamin dan nutrisi masing-masing dari warna paprika kamu bisa memilah dan memilih asupan maupun kreasi apa yang akan kamu buat dari masing-masing warna paprika ini. Apa sih bedanya, yuk simak penjelasan berikut.


Paprika Hijau

Paprika berwarna hijau biasanya dijadikan paduan untuk olahan ayam maupun sapi lada hitam. Irisan paprika menambah aroma sajian lada hitam jadi lebih beraroma, serta bercitarasa lebih nikmat. Paprika hijau memiliki rasa yang lebih pahit. Mengandung 132 mg Vitamin C dibanding dengan dua paprika lainnya kandungan vitamin C paprika hijau memang lebih sedikit tapi paprika hijau mengandung kadar Vitamin A paling banyak dibanding keduanya yaitu 607 IU.


Paprika Kuning

Paprika kuning paling sering dipilih sebagai paduan sayur untuk kebab, tumisan maupun salad. Warna kuning terangnya memang membuat menikmati salad yang kadang membosankan jadi lebih meriah dan menggugah selera rasanya juga tidak sepahit paprika hijau. Paprika kuning mengandung kadar Vitamin C paling tinggi diantara dua paprika lainnya yaitu sebanyak 341 mg dan kandungan Vitamin E sebesar 372 IU.


Paprika Merah

Paprika merah, dari citarasanya, paprika merah memiliki citarasa yang lebih manis dibandingkan dua paprika lainnya. Selain dijadikan paduan untuk salad, paprika merah juga bisa dikreasikan untuk mengenalkan si kecil dengan sayur. Paprika merah bisa diisi dengan isian daging sapi cincang kemudian taburi dengan keju. Paprika merah mengandung 209 mg Vitamin C dan 513 IU Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

© 2019 yukmakan channel